Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Metode Diskusi Kelompok Tutorial Sebaya Materi Bilangan Romawi Di Kelas IV SDN 002 Sesayap | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Metode Diskusi Kelompok Tutorial Sebaya Materi Bilangan Romawi Di Kelas IV SDN 002 Sesayap

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Metode Diskusi Kelompok Tutorial Sebaya Materi Bilangan Romawi Di Kelas IV SDN 002 Sesayap

Pengarang : Suhartini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Siswa kelas IV SDN 002 Sesayap yang menjadi obyek dari penelitian ini. Hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 002 Sesayap diperoleh informasi bahwa ada sekitar 45% siswa hasil ulangan harian nilai matematika adalah 50. Nilai rata-rata tersebut masih kurang dari KKM yang telah ditentukan yaitu 60. Nilai Matematika tersebut masih rendah disebabkan oleh penguasaan materi yang kurang oleh siswa. Penguasaan materi yang masih rendah disebabkan oleh penerapan pembelajaran yang kurang maksimal.
Berdasarkan masalah yang dirumuskan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa metode diskusi kelompok tutorial sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi pada siswa kelas IV SDN 002 Sesayap Tahun pembelajaran 2011/2012.
Hasil perbandingan data keaktifan siswa pada siklus 1 dan siklus 2 terjadi peningkatan. Pada keaktifan siklus 1 siswa sebesar 60,4 % dan pada siklus yang kedua terjadi peningkatan sebesar 79,2 %. Pada prosentase ketuntasan siklus 1 adalah 56 % dengan nilai rata-rata 58,8 kemudian dilanjutkan dengan siklus 2 mendapatkan peningkatan ketuntasan sebesar 84 % dengan nilai rata-rata 71.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Diskusi Kelompok Tutorial Sebaya

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve The Students’ Mathematics Achievement through Peer Tutor Group Discussion Method at Fourth Grade Students in SD Negeri 002 Sesayap. Based on the result of study in first cycle the number of percentage was 56% and the second cycle was 84 %. While, the students’ score average on the first circle was 58,8 and the second cycle was 71. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the Peer Tutor Group Discussion can improve The Students’ Mathematics Achievement through Peer Tutor Group Discussion Method at Fourth Grade Students in SD Negeri 002 Sesayap. Keywords: Students’ Achievement, Peer Tutor Group Discussion

Detail Informasi