Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Sesayap Kabupaten Tana Tidung Tahun 2011-2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Sesayap Kabupaten Tana Tidung Tahun 2011-2012

Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Sesayap Kabupaten Tana Tidung Tahun 2011-2012

Pengarang : Hery Wahyudi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Gaya yang diajarkan dengan menggunakan model demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 007 Sesayap Kabupaten Tana Tidung dan dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara membuat beberapa pernyataan sebagai tolak ukur tindakan keberhasilan yang dibuat mulai dari pelaksanaan pembelajaran di sekolah, aktivitas siswa, dan kemampuan guru dalam pembelajaran. Sedangkan teknik analisis dalam yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa data kualitatif yang digunakan untuk menganalisa data yang berupa aktivitas siswa dan data kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan dan keberhasilan belajar siswa yang dilaksanakan pada tindakan penelitian ini, dimana hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I. Hasil evaluasi pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai (75%) dan nilai rata-rata kelasnya (76,2) dan mengalami peningkatan hasil belajar yang dilaksanakan pada siklus II yang mencapai ketuntasan belajar siswa mencapai (100%) dan nilai rata-rata kelas yaitu 85,6. Sedangkan dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I memperoleh hasil (87%), serta pada siklus II rata-rata aktivitas siswa memperoleh hasil (97%).
Dengan demikian, pembelajaran IPA yang diajarkan melalui model demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta menumbuhkembangkan aktivitas dan kreativitas siswa serta membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA di sekolah dasar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi