Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 002 Sesayap Kabupaten Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 002 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 002 Sesayap Kabupaten Tana Tidung

Pengarang : Fitriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dan siswa dituntut untuk menghafal tanpa mengetahui atau melihat objek yang diajarkan sehingga berakibat rendahnya hasil belajar siswa. Masalah yang dibahas adalah bagaimanakah penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 002 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan metode diskusi pada kelas V SDN 002 Sesayap Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas yang terdiri dari siklus I dan siklus II dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas melalui penerapan metode diskusi, pada siklus I adalah 73,91%, sedangkan pada siklus II menjadi 91,30%, sehingga secara klasikal pada siklus II telah mencapai ≥ 85% dari keseluruhan siswa yang mendapatkan nilai sesuai KKM >65, begitu pula aktivitas guru dan siswa dari siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN 002 Sesayap Kabupaten Tana Tidung terjadi peningkatan.

Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar IPS

Research was derived from the students who were less active in learning process and they were demanded to memorize without knowing or observing the object of the learning materials, so that it caused the studets’ learning achievement were in low category. The problem investigated in this research is that how can the application of discussion method improve the students’ Social Science learning achievement at Class V of SDN 002 Sesayap Kabupaten Tana Tidung? This research aimed at imroving the students’ Social Science learning achievement by applying discussion method at Class V of SDN 002 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. This research employed Classroom Acion Research which was carried out into two cycles by using test and observation as the technique of data collection. The result of this research showed that the students got 73.91% in cycle I and improved to 91.30% in cycle II, so that the classical learning achievement in cycle II was reached > 85% out of all students who got the score as stated in KKM > 65. The teacher and students acivities were also improved from cycle I to cycle II. This research can be concluded that the application of discussion method could improve the students’ social science learning achievement at Class V of SDN 002 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Keywords: Discussion Method, Social Science Learning Achievement

Detail Informasi