
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas IV SDN 003 Sesayap Hilir
Pengarang : Abdul Murad - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep penjumlahan bilangan bulat menggunakan pendekatan pembelajaran matematika di kelas IV SDN 003 Sesayap Hilir.
Penelitian ini memakai model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah- masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 64.4 dan pada siklus II sebesar 80.4. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 84% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Matematika pada konsep pembelajaran penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran realistik siswa kelas IV SDN 003 Sesayap Hilir.
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar Siswa
The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ mathematic achievement on sum the even number through mathematic learning approach at fourth grade students of SD Negeri 003 Sesayap Hilir. The research was done also to improve the teaching and learning quality in teaching mathematic and solve the problems faced by the mathematic teacher. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and cognitive test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 64.4 and the second cycle was 80.4, and the its classical percentage was 84%. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using mathematic learning approach. By understanding the result of this study, it can be concluded that the mathematic learning approach can improve the students’ mathematic achievement on sum the even number at Fourth Grade Students of SD Negeri 003 Sesayap Hilir. Keywords: Students’ Achievement, Mathematic Realistic