
Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga Papan Berpaku Pada Siswa Kelas IV.B SD Negeri 031 Tarakan
Pengarang : Saripudin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi dan minat belajar siswa kelas IV B SD Negeri 031 Tarakan pada materi mengidentifikasi benda–benda bangun datar yang simetris dan menentukan hasil pencerminan bangun dengan menggunakan alat peraga.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes pilihan ganda dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan instuksional khusus yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV B SD Negeri 031 Tarakan yang berjumlah 28 siswa.
Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV B SD Negeri 031 Tarakan dalam materi mengidentifikasi benda-benda bangun datar yang simetris dan menentukan hasil pencerminan bangun dengan menggunakan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket motivasi dan angket minat belajar siswa.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika adalah melalui penggunaan alat peraga.
The objectives of undergraduate thesis are the increase in student motivation and interest in learning in elementary school state 031 Tarakan Grade IV B on identifying material objects, flat wake and determine the systematic wake mirroring using of props. The collection of data obtained from the observations, questionnaires and final tests of each cycle. Form of multiple-choice test and an individual. The problem created by the researcher and tailored to specific adapted to instructional objectives that have been formulated. The result of the analysis showed there was an increase in student achievement which total to 28 student in elementary school state 031 Tarakan Grade IV B. The results of analysis showed that was an increase in student motivation in elementary school state 031 Tarakan Grade IV B on identifying material objects, flat wake and determine the systematic wake mirroring using of props. This can be seen from the results of the questionnaire student interest. This one of efforts to be made to improve the motivation and interest in learning mathematics student in learning mathematics through the use of props.