Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Pada Materi Pelajaran Surat Undangan Resmi Menggunakan Pembelajaran STAD Di SDN 042 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Pada Materi Pelajaran Surat Undangan Resmi Menggunakan Pembelajaran STAD Di SDN 042 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Pada Materi Pelajaran Surat Undangan Resmi Menggunakan Pembelajaran STAD Di SDN 042 Tarakan

Pengarang : Obedsy - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SON 042 sebahagian besar siswa tidak memaharni dan menguasai terhadap konsep materi pelajaran menulis surat undangan resmi. Siswa kelas V pada kegiatan belajar mengajar kurang mercspon materi pelajaran yang berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil belajar pra tindakan siklus penelitian terhadap kegiatan ulangan harian diperoleh nilai siswa yang tuntas hasil belajarnya hanya 14 orang siswa atau 42,42 % dari 33 orang siswa dengan nilai rata-rata hasil belajar yaitu 54.69 dalam satu kelas dengan KKM yang telah ditentukkan oleh guru yaitu 6,0. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi pelajaran menulis teks surat undangan resmi siswa kelas V dengan konsep menggunakan model pembelajaran Kooperatif ST AD. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan melaksanakan rangkaian tindakan dengan cara pengumpulan data penelitian dengan melaksanakan tes pada setiap akhir tindakan pada kegiatan belajar siklus I dan siklus II.
Hasil peneltian yang diperoleh pada siklus I pertemuan mengajar I ratarata hasil belajar siswa kelas V semula 52,87 dan pada siklus I pertemuan mengajar II nilai rata-rata 65,30. Pada pelaksanaan siklus II pertemuan mengajar I hasil nilai rata-rata siswa kelas V mengalarni peningkatan yaitu 59,00 dan pada pelaksanaan sik.lus II pertemuan mcngajar II 65,30 dengan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia mencapai ketuntasan belajar yang diinginkan yaitu KKM 60,00. Pencrapan pembelajaran ini temyata mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 042 Tarakan dan membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa kelas V. Dengan penerapan pembelajaran Kooperatif ST AD marnpu membentuk karakter siswa bekerjasarna dalam kegiatan belajar untuk mengintegrasikan ketrampilan, atau kemampuan belajar dalarn kegiatan belajar Bahasa Indonesia dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran STAD, Surat Undangan Resmi, Belajar Kelompok

The process of teaching and learning Indonesian Language in Elementary School fifth grade students are not 042 large partly understand and master the concepts of the subject matter lo write an official letter of invitation. Grade V at less responsive teaching and learning of the subject matter that impact student learning outcomes. Based on the study of pre action research cycle of the daily test activities obtained values learning outcomes of students who completed only 14 students or 42.42% of 33 students with an average value of learning outcomes are 54.69 in one class with KKM has ditentukkan by teachers of 6.0. The purpose of this study was implemented to enhance learning outcomes Indonesian text on the subject matter to write an official letter of invitation to the fifth grade students to the concept of using STAD Cooperative learning model. The research method used in this research is to carry out action research class action sequences with a data collection study by conducting tests on each end of the action on the learning cycle I and cycle II. Other research results obtained in the first cycle of teaching I encounter an average class V student learning outcomes and the original 52.87 cycle I teach second meeting of the average value of 65.30. On the implementation of the second cycle of teaching I encounter the average yield grade increase is 59.00 V and the implementation of the teaching cycle II 65.30 II meeting with the average yield learning Indonesian achieve the desired mastery learning KKM 60,00. The application of this study was able to improve student learning outcomes in elementary school fifth grade 042 Tarakan and raise student motivation and interest in class V. With the implementation of STAD Cooperative Learning is able to form the character of students collaborated in learning activities to integrate the skills, or the ability to learn in learning Indonesian language with the goal of improving student learning outcomes. Keywords: Learning STAD, Official Invitation Letter, Study Group

Detail Informasi