
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar dan Rungan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SDN 007 Tanjung Palas Utara
Pengarang : Kusdianto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran matematika dilaksanakan terhadap siswa kelas V SDN 007 Tanjung Palas Utara. Hasil belajar yang diperoleh, siswa kelas V dalam satu kelas tidak memahami dan menguasai terhadap konsep materi pelajaran matematika pada semester II yaitu sifat-sifat bangun datar lingkaran. Siswa kelas V pada kegiatan belajar mengajar- kurang merespon materi pelajaran yang tentu saja berdampak terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tindakan Siklus II penelitian ulangan harian yang telah dilaksanakan oleh peneliti diperoleh nilai siswa yang tuntas belajarnya hanya ada 3 siswa atau 36,36 % dengan nilai ratarata hasil belajar 53,63. Hasil tindakan siklus I-II penelitian ulangan harian siswa yang tuntas 8 siswa atau 63,63, sedangkan pada siklus II-II siswa mengalami peningkatan tuntas secara klasikal dengan rata-rata hasil belajar 67,72 KKM yang ditentukan pada penelitian ini adalah 65.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika dengan materi pelajaran sifat-sifat bangun datar lingkaran menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw mampu meningkatkan dan membangkitkan motivasi belajar siswa kelas V SDN 007 Tanjung Palas Utara.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Dan Ruang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Kelas V SDN 007 Tanjung Palas Utara.
Tidak Tersedia Deskripsi