
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan dan Operasinya Melalui Media Gambar Pada Kelas IV SDN 003 Peso Hilir
Pengarang : Usat Laing - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian untuk mendiskripsikan sejauh mana penggunaan alat peraga media gambar pada siswa kelas IV SDN 003 Peso Hilir, untuk meningkatkan hasil belajar dalam memahami konsep pecahan dan operasinya.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 25 April sampai dengan 03 Mei 2012.
Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 003 Peso Hilir, dengan jumlah siswa 20 orang, yang terdiri siswa laki-laki 12 dan 8 siswa perempuan.
Alat peraga atau media gambar berfungsi sebagai sarana bantu untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif, siswa lebih mudah dan cepat menangkap tujuan dan bahan ajar, menyebutkan kualitas proses pembelajaran, meletakkan dasar-dasarnya yang konkret untuk berfikir sehingga mengurangi terjadinya verbalisme. Hasil Penelitian menunjukkan bahan penggunaan alat peraga atau media gambar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan dan operasinya pada siswa kelas IV SDN 003 Peso Hilir.
Akhir siklus II terdapat 95 % atau sebanyak 19 siswa yang nilainya tercapai dari KKM yang telah ditetatapkan (KKM = 70).
The purpose of research are to description how far the use of picture media tools in fourth grade students of 003 Peso Hilir elementary school, to improve the study result in comprehension of fraction concept and its operatioan. The kind of research is the act class observation. The research happened as from 25 April until 03 Mei 2012. The subject of research is the fourth grade students of 003 Peso Hilir elementary school, there are 20 students consist of 12 boys and 8 girls. The function of the demonstration tools or picture media are to create the effective learning situation, so the students more easier and fast to understand the purpose of learning process, to put its concret fundamental so its can deficient of verbalisme. The result of research show us that the using of demonstration tools or picure media can improve the concept fraction ability and its operation to fourth grade students of 003 Peso Hilir elementary school. The end of siklus II there are 95% or 19 students get the score of the standard qualification or KKM (KKM = 70).