
Meningkatkan Pemahaman Konsep Berhitung Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak Kelompok B 1 Melalui Permainan Kartu Domino Di TK ABA I Karang Anyar Tarakan
Pengarang : Junaidah Astuti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara konkret penggunaan permainan kartu domino dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam berhitung di kelompok B1 TK ABA 1 Tarakan. Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II dengan langkah perencanaan, tindakan, obserfasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B1 TK ABA Tarakan yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian berupa tes berhitung dengan mainan domino.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan kartu domino dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam hal menjawab pertanyaan, tes awal dan tes akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata 51% dan tes akhir siklus II diproleh nilai rata-rata 88% lebih besar dari siklus I. Aspek menyebutkan kelompk gambar pada siklus 1 diproleh nilai rata-rata 29% dan tes akhir siklus II diperoleh nilai 77%. Aspek menempel gambar dengan tepat pad kelompok I di proleh nilai rata-rata 40% dan pada siklus II diproleh nilai rata-rata 81%. Aspek mengenal lambang bilangan 1-10 pad siklus I nilai rata-rata 48% sedangkan pada siklus II nilai rataratanya 92%. Aspek membilang (mengenal konsep bilangan) dengan benda pad siklus I diproleh nilai rata-rata 59% dan pada siklus II diproleh nilai rata-rata 96%.
Kata Kunci: Memahami Konsep Berhitung Melalui Permainan Kartu Domino
The purpose of this study to determine concretely the use of domino games can improve student learning outcomes in numeracy in kindergarten ABA B1 group 1 Tarakan. Learning Year 2011/2012. This study is an action research conducted in two cycles, the first cycle and second cycle with steps of planning, action, and reflection observes. The subjects were all students in kindergarten ABA Tarakan B1 group numbering 27 students. The research instrument in the form of a toy domino arithmetic test. The results showed that the dominoes can improve student learning outcomes in terms of answering the question, the initial test and final test cycle I gained an average rating of 51% and a final test cycle II diproleh average 88% greater than the cycle I. Aspects mentioned batches images on cycle 1 diproleh average value of 29% and a final test cycle II obtained value of 77%. Aspects of the image with the right stick pad proleh group I in the average value of 40% and in the second cycle diproleh average value of 81%. Aspects recognize numbers 1- 10 pad emblem first cycle average value of 48%, while in the second cycle the average value of 92%. Aspects count (the concept of numbers) and the thing I diproleh pad cycle average value of 59% and in the second cycle diproleh average value of 96%. Keywords: Understanding Concepts Numeracy Through Domino Card Games