Kebutuhan Self-Esteem Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kebutuhan Self-Esteem Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Tarakan

Kebutuhan Self-Esteem Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Mohammad Rizky Alvian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kebutuhan Self-Esteem Peserta Didik Di SMA Muhammadiyah Tarakan. Dibimbing oleh Bapak Riski Sovayunanto, S.Psi, M.Si selaku dosen pembimbing utama dan Ibu Ni Made Diah Padmi, M.Pd selaku dosen pembimbing anggota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kebutuhan Self-esteem Peserta didik di SMA Muhammadiyah Tarakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif menggunakan rumus interval. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Muhammadiyah Tarakan, Kecamatan Tarakan Tengah, Provinsi Kalimantan Utara. Adapun teknik sampel yang digunakan ialah teknik sampel simple random sampling dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi serta kuensioner. Hasil penelitian menujukan terdapat pada kategori YA, yaitu pada analisis keseluruhan, dengan jumlah sebanyak 62 subjek dengan presentase 62%. Artinya bahwa siswa memiliki kebutuhan akan pemberian penghargaan diri, baik penghargaan dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Kesadaran akan kebutuhan penghargaan diri merupakan salah satu dimensi penting dalam memahami diri sendiri ataupun orang lain. Hal ini akan membantu dalam memberikan makna akan pemahaman kebutuhan dalam memberikan penghargaan terhadap diri. Dari hasil penelitian tersebut, maka didukung juga oleh indikator-indikator dengan kategori "YA" yang sama. Pada indikator yang pertama yaitu kekuatan, sebanyak 135 subjek dengan presentase 76%., dan pada indikator kemampuan, sebanyak 103 subjek, dengan presentase 58%., pada indikator keberartian sebanyak 90 subjek dengan persentase 50%. Kemudian pada analisis keseluruhan terdapat pada kategori Ya sebanyak 110 subjek dengan presentase 62%, bahwa Terdapat 62% mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling yang memiliki kebutuhan yang tinggi dalam memahami penghargaan akan diri sendiri ataupun orang lain, artinya siswa membutuhkan penghargaan diri tersebut.

Kata Kunci: Self-Esteem

The aim of this study was to determine the Self-Esteem Needs of Students at SMA Muhammadiyah Tarakan. This study was a particular kind of descriptive research that made use of the interval formula for descriptive statistical analysis. This research was conducted on students of Tarakan Muhammadiyah High School, Central Tarakan District, North Kalimantan Province. Simple random sampling was the method used to select the sample, while documentation and questionnaires were used to gather the data. The study's findings indicated that they fell within the "YES" category, namely in the overall analysis, which included 62 respondents and a percentage of 62%. This means that students needed respect for themselves as well as respect from others. Understanding oneself or others required an awareness of the desire for self-esteem. This would assist in making sense of the necessity to promote self-esteem. This study's findings showed that indicators in the same "YES" category also supported it. There were as many as 135 participants with a 76% percentage on the first sign, strength. There were as many as 103 participants with a 58% proportion on the ability indication. There were 90 subjects on the significant indication with a percentage of 50%. Then, in the entire study, 110 items with a percentage of 62% fall into the "Yes" category, indicating that 62% of students majoring in guidance and counseling had high demands. Students must have self-esteem in order to understand respect for oneself or others. Keywords: Self-Esteem

Detail Informasi