
Problematika Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Lisa Anggraeni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika apa saja yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan selama pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian berjumlah 192 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa problematika yang dihadapi oleh mahasiswa Pendidikan matematika Universitas Borneo Tarakan. Pertama, mahasiswa terkendala dengan koneksi internet yang tidak memadai dengan presentase sebesar 52.1%. Kedua, mahasiswa tidak memiliki motivasi belajar yang tinggi selama belajar daring dengan presentase sebesar 66.2%. Ketiga, mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran daring dengan presentase sebesar 60.9%. Keempat, mahasiswa merasa tidak dapat berdiskusi dengan peserta didik lain dengan presentase sebesar 63.5%. Kelima, mahasiswa merasa tidak leluasa bertanya kepada pendidik selama pembelajaran daring dengan presentase sebesar 68.7%. Keenam, mahasiswa merasa terbebani dengan tugas yang diberikan selama pembelajaran daring dengan presentase sebesar 54.1%. Ketujuh, mahasiswa merasa tugas yang diberikan menumpuk serta sulit untuk dikerjakan dengan presentase sebesar 51.1%.
Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Daring
This research aims to investigate the problems faced by students in studying mathematics through leaming online. The research method used descriptive guantitative analysis. The subjects of the study were students of the mathematics department of Borneo University. A guestionnaire was utilized as the data collection tool, 192 students in this research were selected using a straightforward random sampling procedure. The findings indicated that students studying mathematics still had some problems. The first was the lack of internet connection faced by students, 52.199. Second, 66.224 of students who learn online need to be more motivated to study. Third, 60.996 of students needed help understanding the matenals through online learning. Fourth, 63.524 of students said they found talking to other classmates complicated. Fifth, 68.724 of students believed they were not itee to ask teachers guestions while learning online. Sixth, 54.124 of students said that the assignments given during online learning needed to be more manageable. Seventh, 51.120 of students believed there were too many assignments which were challenging to complete. Keywords: Problems, Online Learning