
Identifikasi Masalah Guru Biologi Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dimasa Transisi Dalam Jaringan (Daring) Ke Luar Jaringan (Luring): Studi Kasus Di Sekolah Sma Hang Tuah Tarakan
Pengarang : Khoirul Arifin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama ini berdampak pada kualitas Pendidikan yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apa saja masalah guru dalam meningkatkan kemampuan siswa di masa transisi dalam jaringan ke luar jaringan, dan (2) mengetahui bagaimana cara guru biologi untuk meningkatkan kemampuan siswa di masa transisi dalam jaringan ke luar jaringan di. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Data diperoleh berdasarkan hasil wawancara guru biologi kelas XI yang pernah mengajar di masa transisi di SMA Hang Tuah Tarakan. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: (1) guru biologi mengalami masalah pada proses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Dari sisi perencanaan, dibagian apersepsi guru-guru mendapatkan hambatan, hal ini disebabkan karena siswanya tidak begitu antusias. Dari sisi pelaksanaan, masalah yang ditemui adalah siswa yang pasif dan tidak mendengar penjelasan materi secara serius. Sedangkan masalah pada sisi penilaian adalah siswa yang tidak mengerjakan tugas secara maksimal sehingga nilai yang diperoleh cukup rendah. Cara guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu: (2) dari segi perencanaan, guru biologi melakukan intraksi dan memberikan motivasi sebelum pembelajaran dimulai; dari segi pelaksanaan, guru memberikan pertanyaan secara acak agar siswa tetap fokus, dan melakukan pembelajaran diluar kelas seperti observasi lingkungan sekitar; sedangkan dari segi penilaian, guru biologi memberikan pengulangan materi pembelajaran yang belum dipahami oleh siswa baik secara berkelompok maupun perindividu dengan belajar diluar kelas seperti observasi lingkungan sekolah dan praktikum.
Kata Kunci: Masa Transisi, Masalah Guru Biologi
Distance learning up to this point has affected the decline in educational quality. This research intends to: (1) identfy the challenges teachers faced in enhancing students’ skills between being a part of the network and being outside of it and (2) identify strategies biology teachers used to enhance students’ skill during this time. This research employed a qualitative strategy that generated descriptive data. Data were gathered based on the findings of interviews with XI grade biology teachers who had taught at Hang Tuah Tarakan High School during the transitional era. The results revealed that: (1) Planing, carrying out, and assessing procedures pose challenges for biology teachers. Due to the student’s lack of enthusiasm, teachers encounter planning challenges in the perception part. Regarding implemention, they were passive students who needed to follow the explanantion more seriously. Students should have completed the work to the best of their ability, causing the results to be relatively low, which was a concern regarding assesment. The way the teachers overcomes these problems were: (2) in terms of planning, biology teachers interacted and provied motivation before learning begins; in terms of implementation, teachers asked random questions to keep students focused and conducted learning outside the classroom, such as observing the surrounding environment; while in terms of assessment, biology teachers provided repetition of learning materials that have not been understood by students both in groups and individually by learning outside the classroom such as observing the school environment and practicum. Keyword: Transition Period, Bilogy Teachers Problems