
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS 2 MAN Tarakan
Pengarang : Mety Deliyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada kelas XII IPS 2 MAN Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 November – 7 Desember 2020 di MAN Tarakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 MAN Tarakan, yaitu 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi minat belajar siswa, angket minat belajar siswa dan isntrumen tes hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis data aktivitas guru, minat belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklus. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa pada siklus I sebesar 87% siswa berada pada minimal kategori tinggi dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 93% siswa berada pada minimal kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 56% siswa berada pada minimal kategori tinggi dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 73% siswa berada pada minimal kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa pada kelas XII IPS 2 MAN Tarakan.
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give
This classroom action research intended to increase the students' interest and learning results in mathematics through cooperative learning model of Take and Give type in class XII IPS 2 MAN Tarakan. The research was conducted on November 20 December 7, 2020 at the MAN Tarakan. The subjects of this research were 30 grade 12 IPS 2 students of MAN Tarakan. The data were collected using student learning interest observation sheets, student learning interest questionnaires and student mathematics learning test instruments. The data analysis involved teacher's activity, student's interest in learning and students' mathematics learning results. This research was carried out in two cycles, consisting of 3 meetings in each cycle. The results of this research showed that the students' interest in learning in cycle I was 87% in the minimum high category and cycle II experienced an increase to 93% of students in the minimum high category. While the students' mathematics learning results in cycle I was 56% of students in the minimum high category and cycle II experienced an increase to 73% of students in the high category. It could be concluded that the implementation of cooperative learning model of Take and Give type could increase the interest and learning results in mathematics of grade 12 IPS 2 students of MAN Tarakan. Keywords: Interest in Learning, Mathematics Learning Outcomes, Take and Give Cooperative Learning Model