
Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Metode Discovery Learning Dengan Bantuan Media Puzzle Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Yuli Nur Fajrina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Kemampuan Menulis Pantun Berbasis Pendidikan Karakter dengan Menggunakan Metode Discovery Learning dengan Bantuan Media Puzzle Pada Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 3 Tarakan Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2018/2019. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 3 Tarakan yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Discovery Learning dengan bantuan media Puzzle dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII-2 SMP Negeri 3 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa ranah afektif sebesar 71%, ranah kognitif sebesar 80%, dan ranah psikomotorik 74%. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa ranah afektif meningkat menjadi sebesar 100% hal ini dikarenakan siswa telah menanamkan karakter atau sikap yang baik di dalam pembelajaran, selanjutnya ranah kognitif sebesar 100% hal ini dikarenakan siswa telah dapat menjelaskan jumlah baris, jumlah suku kata setiap baris, sampiran, isi serta rima pantun, mengklasifikasikan pantun dan menyimpulkan pantun, dari ranah psiomotorik 93%, siswa telah mampu untuk membuat pantun dan mendemonstrasikan pantun. Pada nilai ketuntasan 100% dapat dilihat berdasarkan jumlah siswa yang telah mencapai KKM dengan nilai standar KKM 75 hingga nilai 96. Perolehan nilai yang didapat oleh siswa berdasarkan hasil dari skor yang diperoleh dikali 100 dan dibagi dengan skor maksimal. Selanjutnya pendidikan karakter yang tertanam di dalam proses pembelajaran yaitu siswa mampu untuk bertanggung jawab pada tugas yang diberikan serta disiplin dalam berbagai pembelajaran dikelas. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode Discovery Learning dengan bantuan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia , khususnya aspek ketermapilan menulis pantun berbasis pendidikan karakter dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Tidak Tersedia Deskripsi