
The Effectiveness Of Guided Questions To Improve Students’ Writing Skill On Descriptive Text At Seventh Grade Students Of SMP Negeri 10 Tarakan
Pengarang : Leni Tallo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Tehcnique Guided Questions dalam meningkatkan keterampilan menulis bagi siswa kelas tujuh SMPN 10 Tarakan pada tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian. Kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah kelas VII-5 yang diajarkan dengan menggunakan Tehcnique Guided Questions. Kelas VII-5 dipilih oleh peneliti karena nilai rata-rata siswa dikelas VII-5 dalam aspek menulis adalah yang terendah daripada kelas yang lain dan tidak adanya siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal khususnya dalam hal menulis. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis. Data yang dianalisis adalah data nilai hasil pretest dan posttest. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan paired sample T-test dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pretest adalah 50.12 dan nilai rata-rata hasil posttest adalah 61.35. Tingkat significant antara pretest dan posttest adalah 43.19%. Hasil dari paired sample T-test pada tingkat signifikansi 0.05 adalah 0.00. Tidak hanya hasil dari nilai rata-rata pretest posttest dan paired samples T-test pada tingkat signifikansi 0.05, tetapi juga dari nilai T-test dan Ttable. Nilai T-test adalah 13.672 dan nilai T-table adalah 1.708. Hal ini menunjukkan bahwa T-test lebih tinggi dari pada nilai T-table (13.672 > 1.708). Dengan kata lain, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hasil analisis data membuktikan bahwa hasil pengajaran menggunakan Guided questions memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa. Dapat disimpulkan bahwa Guided questions dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VII-5 SMPN 10 Tarakan.
Kata Kunci: Writing Skill, Guided Questions, Descriptive Text.
The objective of this research was to find out whether there is any significant effect of using Guided Questions in teaching English to improve the students’ writing skill at the seventh grade students of SMPN 10 Tarakan. The research method was pre experimental. The samples were taken by using purposive sampling technique. This research only uses one class as the sample of the research. Class VII-5 was a sample of this research which was taught by using Guided question tehcnique. Class VII-5 was chosen by the researcher because the students’ mean score in class VII-5 in writing aspect was lower than the other class and there was no student who achieve the criteria of success in English especially in writing aspect. The instrument of this research was writing test. The data which analyzed was the data from pretest and posttest. In analyzing the data, the researcher used paired samples T-test with SPSS 22.0. The result of the research shows that the mean score of pretest was 50.12 and the mean score of posttest was 61.35. The significant between pretest and posttest is 43.19%. Result of the paired sample T-test at the level of significance 0.05 was 0.00. Not only result of mean score pretest posttest and result of paired samples Ttest, but also from the value of T-test and T-table. T-test value was 13.672 and Ttable value was 1.708. It indicates that the value of T-test was higher than T-table (13.672 > 1.708). In other words, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. The result of the data analysis proved that taught by using Guided questions gave the significant effect to the students’ writing skill. It can be concluded that Guided Question can improve the students’ writing skill at the seventh grade students of SMPN 10 Tarakan. Key words: Writing Skill, Guided Questions, Descriptive Text.