
Peran Guru BK Dalam Mengatasi Kedisiplinan Tata Tertib Membolos Dan Datang Terlambat Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tana Tidung
Pengarang : Nur Nilam Sari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru BK dalam mengatasi kedisiplinan tata tertib membolos dan datang terlambat siswa kelas XI. Kedisiplinan merupakan suatu sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa yang secara sadar melakukan aktifitas di sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku. Adapun indikator kedisiplinan siswa adalah tata tertib. Peran guru BK dalam mengatasi kedisiplinan tata tertib membolos dan datang terlambat pada siswa yaitu melakukan tindakan pertama antisipasi seperti memberikan peringatan dasar, melakukan identifikasi masalah, memberikan pemahaman kepada siswa, dan memberikan layanan bimbingan klasikal, kedua melakukan penanganan seperti memberikan teguran dasar, pemberian surat peringatan, pemberian surat pemanggilan orangtua, pemberian konseling individu, pemantauan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan datanya, subjek primer yang datanya akan diambil adalah guru BK yang dipilih berdasarkan subjek yang mewakili, sedangkan untuk subjek sekundernya diambil secara non-random yaitu wali kelas yang banyak terlibat dalam proses kegiatan yang guru BK lakukan dan siswa kelas XI yang pernah mendapatkan layanan BK terkait masalah kedisiplinan tata tertib membolos dan datang terlambat. Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi yang dilakukan, diketahui bahwa guru BK telah berperan dengan melakukan pemberian layanan bimbingan klasikal dan konseling individu kepada siswa yang melanggar aturan tata tertib. Dalam proses pemberian layanan dilakukan sesuai dengan langkah-langkah RPP yang telah dibuat, setelah pemberian layanan guru BK melakukan pendampingan kepada siswa dalam kurun waktu yang tidak terbatas dalam bentuk pemantauan dan pengawasan.
Kata Kunci: Peran Guru BK, Kedisiplinan Tata Tertib Membolos dan Datang Terlambat
This study aims to describe the role of counseling teachers in overcoming discipline, skipping class, and arriving late in class XI students. Discipline is the attitude, behavior, and actions of students who consciously carry out activities at school based on the applicable rules. The indicators are student discipline. The role of the counseling teacher in overcoming discipline problems, skipping class, and coming late First, taking the action of anticipation such as giving basic warnings identifying problems, providing understanding to students, and providing classical guidance services. Second, handling such as giving basic warnings, giving warning letters, giving parent summons, providing individual counseling, monitoring, and supervision This research used a descriptive qualitative approach Research instruments were interview and document analysis used as data collection techniques, the primary subject was the BK teacher who was selected based on a representative subject, while the secondary subject was taken non-randomly namely the homeroom teacher who was heavily involved in the process of activities that BK teachers did and class XI students who had received BK services related to discipline problems, skipping class and coming late. Based on the results of interviews and documentation, it was known that the BK teacher had played an important role by providing classical guidance services and individual counseling to students who broke the rules of discipline The process of providing services was carried out with the steps of the lesson plan that has been made, after providing services, counseling teachers (BK) assist students for an unlimited period of time in the form of monitoring and supervision. Keywords: The Role of Counselling Teachers (BK), Discipline Problems, Coming Late