Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa Kelas VII Di SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa Kelas VII Di SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung

Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa Kelas VII Di SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung

Pengarang : Nia Utari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Cyberbullying adalah tindakan agresif dan disengaja yang dilakukan oleh suatu kelompok atau individu, menggunakan bentuk kontak elektronik berulang kali dan dari waktu ke waktu terhadap korban yang tidak dapat dengan mudah membela dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik sosiodrama terhadap perilaku cyberbullying siswa kelas VII di SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII di SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung yang berjumlah 67 siswa. Teknik sampling menggunakan non probality sampling (purposive sampling) dengan ukuran jumlah sampel 18% dari populasi sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 12 siswa. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif, teknik analisis inferensial dan uji paired sampel t.test dengan SPSS versi 25.0. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai signifikansi sebesar (0,001 < 0,05) yang artinya teknik sosiodrama memiliki pengaruh terhadap penurunan perilaku cyberbullying siswa di SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung. Adapun gambaran dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil pretest dan posttest pada indikator flaming,impersonation,exlusion,cyberstalking mengalami perubahan nilai ditujukan dengan penurunan perilaku pada saat pemberian posttest.

Kata Kunci: Teknik Sosiodrama, Perilaku Cyberbullying

Cyberbullying is an aggressive and deliberate act carried out over time against victims who are unable to defend themselves utilizing various types of internet contact by a group or an individual. The purpose of this study was to determine the effect of the Sociodrama technique on the cyberbullying behavior of class VII students at SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung. There were 67 students in class VII of SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung in this quantitative study which employed an experimental design. The sampling technique used non- probability sampling (purposive sampling) with a sample size of 18% of the population so that the total sample in this study was 12 students. With SPSS version 250, data processing employed descriptive analysis tools, inferential analysis techniques, and paired sample t-tests Based on the analysis, it was determined that the Sociodrama technique had an impact on reducing cyberbullying behavior among students at SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung since the significant value for the hypothesis test was (0.001 < 0.05). The description of the results of this study showed that the results of the pretest and posttest on the indicators of flaming, impersonation, exclusion, cyber stalking experienced a change in values aimed at decreasing behavior at the time of giving the posttest Keywords: Sociodrama Techniques, Cyberbullying Behavior

Detail Informasi