Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Di SDN 001 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Di SDN 001 Tanjung Palas

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Di SDN 001 Tanjung Palas

Pengarang : Zulkarnain - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi Enargi cahaya dan sifat-sifat nya. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus, siklus I dan siklus II dilaksanakan dalam dua kali tatap muka. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 001 Tg.Palas tahun pembelajaran 2011/2012 yang berjumlah 19 orang terdiri atas 8 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data dilakukan melalui tehnik tes tertulis dan non tes (lembar observasi guru). Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif (sederhana) yaitu teknik persentase dan dihubungkan dengan standar atau kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria yang dijadikan tolok ukur keberhasilan tindakan adalah pencapaian ketuntasan belajar dikelas dengan jumlah siswa yang hadir 75% dari jumlah siswa, dengan nilai KKM 65 sesuai isi indikator kompetensi yang ditetapkan.
Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 001 Tg.Palas Mata Pelajaran IPA meteri Energi Cahaya dan Sifat-sifatnya semester II tahun pembelajaran 2011/2012. Untuk keaktifan siswa saat mengajukan pertanyaan pada proses pembelajaran terjadi peningkatan yang semula pada akhir siklus I hanya 9 orang siswa yang terlihat aktif atau 47 %, ternyata pada akhir siklus II jumlah siswa yang aktif meningkat menjadi 16 orang atau 84 %. Kemampuan siswa menjawab pertanyaan guru secara lisan semula pada akhir siklus I hanya 8 siswa atau 42% dan pada siklus II meningkat menjadi 13 orang siswa atau 63 %. Siswa hadir untuk tetap semangat sebanyak 19 orang siswa tetap sama baik pada siklus I maupun pada siklus II yaitu 100 %. Aktif memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru pada akhir siklus I sebanyak 15 siswa atau 78% dan pada akhir siklus II menjadi 19 siswa atau 100%. Aktif memberikan komentar terhadap tampilan gambar yang ada pada power point pada akhir siklus I sebanyak 7 siswa atau 37% dan pada siklus II sebanyak 15 siswa atau 79%.
Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I nilai rata-rata perolehan siswa sebesar 64,47 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 37%, dan pada siklus II terjadi peningkatan perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 81,05 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 84%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA pada meteri Energi Cahaya dan Sifat-sifatnya melalui penggunaan model pembelajaran Explicit Instructio pada siswa kelas V SD Negeri 001 Tg.Palas tahun pelajaran 2011/2012.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi