Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN 007 Sesayap Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN 007 Sesayap Hilir

Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Alat Peraga Bangun Ruang Dan Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN 007 Sesayap Hilir

Pengarang : Zakaria - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 007 Sesayap Hilir pada materi memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar dengan menggunakan alat peraga.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket dan pos tes pada setiap akhir siklus. Bentuk tes isian dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan tujuan instuksional khusus yang telah dirumuskan. Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 007 Sesayap Hilir yang berjumlah 15 siswa.
Hasil analisis penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 007 Sesayap Hilir dalam materi memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antarbangun datar dengan menggunakan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang dicapai siswa yaitu 50,6 dan 77,5.
Dengan demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika adalah melalui penggunaan alat peraga.

Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Alat Peraga Bangun Ruang dan Bangun Datar

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ ability on understanding mathematical concepts through planes and solids model at Fourth Grade Students of SD Negeri 007 Sesayap Hilir. The research was done also to improve the teaching and learning quality. This research was done into some steps; planning, implementing, observing and reflecting. The research instruments were observation sheet and cognitive test. Based on the result of study in first cycle the students’ score was 50.6 and the second cycle was 77.5. It indicates that students have gained the criteria of success in this research and the students’ motivation was rising and priding by using planes and solids model. By understanding the result of this study, it can be concluded that planes and solids model can improve the students’ ability on understanding mathematical concepts at fourth grade students of SD Negeri 007 Sesayap Hilir. Keywords: The Ability Understand of Concept Audiovisual aid Structure of Space and Horizontal Structure

Detail Informasi