Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Metode Demonstrasi Di SDN 006 Sekatak | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Metode Demonstrasi Di SDN 006 Sekatak

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Metode Demonstrasi Di SDN 006 Sekatak

Pengarang : Zainal Abidin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetehui peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 006 Sekatak melalui metode pembelajaran pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil tes dan non tes pada akhir siklus dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, Kriteria yang dijadikan tolak ukur keberhasilan tindakan adalah pencapaian ketuntasan belajar dikelas yaitu 80%. Nilai rata-rata 65 sesuai indikator kompetensi yang ditetapkan. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 24 April sampai 04 Mei 2012 dengan 4 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 006 Sekatak yang berjumlah 21 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pada siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,5 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 85%. Pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran Demonstrasi pada siswa kelas V SDN 006 Sekatak tahun pelajaran 2011/2012.

In SDN 006 learning process of mathematic still dominate by teacher so the activity of students in the class still lacking, so the impact of the value of students low to overcome this problem the thing should be done by using suitable method so students can think critically, logically and can solve problem with open creative and innovative on of them by using learning mothode Demonstration. The purpose of this study was to know the increasing of students achievement in Sains of students in class V of SDN 008 Sekatak through leaving methode Demonstration. The subject was “Cahaya dan Sifat-sifatnya”. The research of this study is research action classroom that be done in two cycles. Each cycles consist of planning phase, action, observation and reflection. The data obtained in this study includes students learning activity taken from observation. The study begun from April 24 until May 04, 2012 with 4 meeting in 2 cycles. The subject was students of class V in SDN 006 Sekatak that consist of 21 students. Based on the result of study at the first cycle students achievement get 65,5 and completeness learning 85% in second cycles students achievement 76 and completeness learning 100 %. This study showed that there is improbity student achievement in Sains, through methode Demonstration in class V of SDN 006 Sekatak in academic year 2011/2012.

Detail Informasi