
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Alat Peraga Mistar Dan Boneka Di Kelas IV SDN 005 Sesayap Kab. Tana Tidung
Pengarang : Yermia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan alat peraga mistar dan boneka di kelas IV SDB 005 Sesayap kabupaten Tana Tidung.
Penelitian ini memakai model penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, untuk memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Alat penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas gurudan siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 64.5 dan pada siklus II sebesar 80. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 90%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan alat peraga mistar dan boneka di kelas IVSDN 005 Sesayap meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Alat Peraga, dan Media Gambar
Geometric space is the mathematics that have content or volume. One of the media that can be used to support student learning outcomes in determining the properties of simple space is built props and media images. This research using model research class action that studies class, diverse exercised by a tutor to tackle problems faced by teachers and learning to improve quality and learning outcomes. Design consisting of planning, this research execution observation and reflection. Research conducted two cycles. This research study aims to increase the classroom IV 004 sesayap. The results of the analysis of this data it can be concluded that the results of student learning are on the increase of cycle I the average value was 64.8 and cycle II amounted to 79.6. While the completed in classical reached 96% so obtained the conclusion that learning outcomes grade IV SDN 004 Sesayap increases in determining the properties of geometric using a mix of media props and pictures. Keywords: the Results of Study, Props and Media A Picture