Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat Sifat Bangun Ruang Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 005 Tanjung Palas Utara | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat Sifat Bangun Ruang Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 005 Tanjung Palas Utara

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat Sifat Bangun Ruang Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 005 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Wijiati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dalam mengidentifikasi sifat sifat bangun ruang.
Penelitian tindakan kelas di laksanakan di SDN 005 Tanjung Palas Utara yang beramat di jalan kinabalu RT 5 Desa Ardi Mulya Kecamatan Tanjung Palas Utara. SDN 005 Tanjung Palas Utara. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 23, siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan siswa perempuan berjumlah 12 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 dari tanggal 18 dan 19 April 2012 sampai dengan tanggal 25 dan 26 April 2012.
Fungsi metode pembelajaran yang kooperatif adalah sebagai sarana untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif, siswa lebih mudah dan cepat menangkap tujuan dan bahan ajar, meningkatkan kualitas proses pembelajaran, meletakan dasar-dasar yang kongkret untuk berfikir sehingga mengurangi terjadinya verbalisme. hasil penelitian untuk mata pelajaran matematika mengenai mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang yang dilaksanakan di kelas V dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kooperatif metode jigsaw, pembelajaran menjadi menyenangkan, siswa menjadi aktif, kreatif, dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 68,18 dan pada siklus II adalah 75,65. Terjadi peningkatan 7,47 atau pada siklus I terdapat 65,22% siswa yang nilainya diatas KKM dan pada siklus II terdapat 83% yang nilainya diatas KKM atau terjadi peningkatan 17,78%.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi