
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas III-C SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Usman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Rendahnya nilai rata-rata Matematika, dan IPA di kelas IIIC SDN 009 Sesayap, Kabupaten Tana Tidung disebabkan oleh belum berkualitasnya proses pembelajaran, yaitu (1) penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat, (2) strategi pembelajaran masih bernuansa “teacher center” dan penyampaian informasi yang bersifat satu arah, (3) siswa kurang aktif dilibatkan dalam pembelajaran.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika, dan IPA perlu dilakukan penelitian Tindakan Kelas. Tindkan kelas yang harus dilaksanakan adalah tindakan dengan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, terjadinya interaksi baik antara guru dengan siswa, siswa dengan guru maupun interaksi antara siswa dengan siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT).
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas III C SD 009 Sesayap, 2) Untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas III C SD 009 Sesayap, dan 3) Untuk meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas III C SD 009 Sesayap.
Hasil yang diperoleh setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), yaitu: 1) Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika pada siswa kelas III C SD 009 Sesayap. Pada aspek perhatian, partisipasi, dan kerjasama mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II berturut-turut sebesar 16.5, 14.5 dan 16.25., 2) model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatakan Prestasi belajar Matematika pada siswa kelas III C SD 009 Sesayap, meningkatkan dari siklus I ke siklus 2 sebesar.
Tidak Tersedia Deskripsi