
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV C Pada Bilangan Romawi Dengan Menggunakan Alat Peraga Di SDN 010 Tanjung Selor
Pengarang : Titik Suprapti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian untuk peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV C SDN 010 Tanjung Selor pada materi Lambang Bilangan Romawi.
Melalui penggunaan alat peraga dan pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, angket motivasi serta post tes pada setiap akhir pertemuan (siklus). Bentuk tes isian dan bersifat individu. Soal dibuat oleh peneliti dan disesuaikan dengan indikator yang telah dirumuskan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV C SDN 010 Tanjung Selor yang berjumlah 34 siswa pada materi lambang bilangan romawi dengan menggunakan alat peraga kartu bilangan romawi, yang dapat dilihat dari hasil pencapaian nilai rata-rata siswa, yaitu 72,64 dan 76,47 yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika, yaitu dengan menggunakan alat peraga.
This reseach use to increated student’s motivation and learning result at the class IV C SDN 010 Tanjung Selor with the symbol Romawi numberal. Through the used of instrumen and data collection was obtained from the observation, questionnaire motivation and post test at the end of each meeting (siklus). The test was in fill form and it was individually working. The test made by the researcher and adapted eith the formulated indicator. Research shawed that there are incereated of studies at student’s motivation and learning result of class inve SDN 010 Tanjung Selor of 34 student’s with symbol numemberal romawi material used tools of instrument numberal card romawi, could be see by volues averaged of student’s, it 72, 64 and 76, 47wich one of way to increasing student’s learning volue of mathematies at student’s into mathematic learning process by using tools of instrument learning.