Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Mengenal Bangun Datar) Siswa Kelas I SDN 007 Sesayap Hilir Dengan Penggunaan Alat Peraga | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Mengenal Bangun Datar) Siswa Kelas I SDN 007 Sesayap Hilir Dengan Penggunaan Alat Peraga

Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika (Mengenal Bangun Datar) Siswa Kelas I SDN 007 Sesayap Hilir Dengan Penggunaan Alat Peraga

Pengarang : Titik Agustini - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) telah dilaksanakan di SDN 007 Sesayap Hilir pada Semester II tahun pembelajaran 2011/2012, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN 007 Sesayap Hiliryang terdiri dari 16 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan mengenal bangun datar sederhana dengan penggunaan alat peraga kertas lipat Origami dan Kit Matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Data perkembangan siswa di peroleh dari observasi terhadap prilaku siswa dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari prestasi yang diperoleh pada setiap siklus. Sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata hasil belajar hanya 58,75 dan setelah di berikan tindakan pada siklus 1 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 61,25, ada 5 siswa yang belum mencapai nilai di atas 60 maka di lanjutkan pada siklus 2 dan rata-rata hasil belajar siklus 2 meningkat menjadi 80.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 1 sdn 007 Sesayap Hilir.

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Alat Peraga

The class measure research had been implementing at SDN 007 Sesayap Hilir semester II in 2011/2012, with the research subyek of students in class I sdn 007 Sesayap Hilir of 16 childrens. This research to purpose increases the achievement at the topic introduce about horizontal squatters simply with used audiovisual fold paper and mathematic kit. It research had carried out into 2 cycle where every cycle such as two once of meeting. The data of student development get from observation about deed and score student. Research indicate that improved happen in student study. Such a thing can observe from the performance where they get in every cycle, before giving a measure at cycle I score of students didn’t get above the score 60, then continued at the cycle II and that happened improve score become 80. The conclusion from this research get is used audiovisual can I proved the performance in study mathematic in SDN 007 Sesayap Hilir class I. Keywords: Performance In Study, Audio Visual Aid

Detail Informasi