
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Lingkungan Darat Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV-A SDN 005 Bunyu
Pengarang : Syamsudin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini unutk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning tentang Perubahan Lingkungan Darat di kelas IV SDN 005 Bunyu. Subyek Penelitana Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SD 005 Bunyu yang berjumlah 21 siswa. Penelitan Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengematan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar pada siklus 1 ketuntasan belajar 83% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 91%. PTK ini adalah dengan penerapan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 005 Bunyu. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN 005 Bunyu meningkatkan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan darat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Model Problem Based Learning
The aim this research is to increase science result study by using the model Problem Based Learning of changes in terrestrial environments leraning to grade IV A SDN005 Bunyu. The subject of this clasroom research is the 21 students of SDN 005 Bunyu in grade IV. The clasroom research is done in 2 cycles. Each of them consist of 4 phases, they are planing, the act implementation, observation, and reflection. The data gathering technique used are test and observation. The exhaustiviness of the result study in cycle I is 82% and there is an increase of the result with the classical exhaustiviness of study is 91% in cycle II. This clasroom research used the practice of picture in grade IV of SDN 005 Bunyu. The conclusion of this clasroom research is the research by model Problem Based Learning in grade IV A SDN 005 Bunyu increases the result study in lesson changes in terrestrial environments. Keywords: Result Study, Science, Problem Based Learning in Grade