
Meningkatkan Belajar Matematika Siswa Kelas IV Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Alat Peraga Penggaris Bilangan Di SDN 009 Sesayap
Pengarang : Sutinah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tinggi dan rendahnya hasil belajar siswa, antara lain adalah model pembelajaran dan kesesuaian alat peraga yang digunakan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran. salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki kualitas pembelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa dapat lebih meningkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui pemanfaatan alat peraga penggaris bilangan. Penggunaan media pembelajaran alat peraga dimaksudkan agar siswa benar-benar memahami apa yang telah diajarkan oleh guru.
Hasil penelitian setelah dilaksanakan tindakan sebanyak 2 siklus adalah bahwa Pembelajaran Matematika Penjumlahan dan Pengurangan bilangan bulat menggunakan penggaris bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan kualitas pembelajaran terutama keaktifan siswa, siswa tidak ada rasa takut, giat, senang dalam pembelajaran. Pada siklus I rata-rata perolehan hasil belajar telah mencapai 43,7 dan rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 95,5 sehingga terjadi kenaikan sebesar 51,8.
Tidak Tersedia Deskripsi