
Meningkatkan Kemampuan Menyimak Berita Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Berita Di Kelas VIII-E SMP Negeri 6 Tarakan
Pengarang : Sonia Bidara - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada materi menemukan pokok-pokok berita melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray kelas VIII-E SMPN 6 Tarakan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII-E SMPN 6 Tarakan yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setiap siklus. Pada siklus I mencapai 41,93% dan mengalami peningkatan di siklus II sehingga menjadi 80,64%. Pada ranah afektif siklus I memperoleh persentase atau ketuntasan sebesar 48,38 %meningkat di siklus II menjadi 87,09%. Ranah psikomotorik juga mengalami peningkatan di setiap siklus, pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 61,29% meningkat di siklus II menjadi 90,32%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menemukan pokok-pokok berita pada siswa kelas VIII-E SMPN 6 Tarakan serta meningkatkan rasa percaya diri siswa, tanggung jawab, dan mampu bekerja sama dengan orang lain.
Tidak Tersedia Deskripsi