Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor

Pengarang : Shandy Saputra Pratama - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Sampel penelitian ini sebanyak 58 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes uraian berupa tes pretest dan tes posttest sebanyak 4 butir soal. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji Analysis Of Variance (Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor, hal ini sesuai dengan hasil perhitungan uji Analysis Of Variance (Anova) dengan nilai F_(hitung )≤ F_tabel pada taraf signifikansi 5%, dengan nilai rata-rata menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Dari pengujian hipotesis dan nilai rata-rata kedua kelas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran

This research aims to examine the effect of the Problem-Based Learning (PBL) model on students' mathematics learning outcomes in class VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor. The type of research was quasi-experimental with a Non-equivalent Control Group Design. The population was all class VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor students, and sampling used saturated sampling. The sample of this research was 58 students. Data collection was conducted with a description test in the form of a pretest-test and a post-test test using four questions. Data analysis techniques used descriptive analysis techniques and the Analysis of Variance (Anova) test. The results showed the effect of the Problem-Based Learning model on students' mathematics learning outcomes in class VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor. Based on research results showed that the calculation of the Analysis Of Variance (Anova) test with a value of F hitung F table at a significance level of 5%, with an average value indicating that the results obtained using the Problem-Based Learning model had more effect on student learning outcomes compared to conventional learning models. Based on the research results, it can be revealed that learning with the Problem-Based Learning model affects the mathematics learning outcomes of students in class VIII SMP Negeri 5 Tanjung Selor. Keywords: Problem-Based Learning, Learning Outcomes, Learning Model

Detail Informasi