
Kemampuan Membaca Intensif Menggunakan Strategi Information Search (Mencari Informasi) Dalam Mengidentifikasi Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Salda Devi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mengukur kemampuan membaca intensif siswa dalam membaca intensif menggunakan strategi information search (mencari informasi dalam mengidentifikasi teks laporan hasil observasi kelas X SMK Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian kelas. Penelitian kelas (PK) yaitu, penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca intensif menggunakan strategi Information Search (Mencari Informasi) dalam mengidentifikasi teks laporan hasil observasi, dengan subjek penelitian kelas X TKJ-1 SMK Negeri 2 Tarakan. Data hasil penelitian diperoleh melaui dari tes belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Information Search (Mencari Informasi) untuk melihat kemampuan membaca intensif siswa dan hasil belajar siswa kelas X TKJ-1 di SMK Negeri 2 Tarakan, menunjukkan bahwa siswa mampu membaca intensif dengan baik. Berdasarkan 3 penilaian yaitu, kognitif, psikomotorik, dan afektif. Untuk kognitif Kelompok terdapat 8 kelompok yang mendapat nilai dengan rentang nilai 81-100 dengan presentase 80% (Kategori A), 2 kelompok yang mendapat nilai rentang 71-80 dengan presentase 20% (Kategori B), Sedangkan dalam penilaian kognitif dan psikomotorik individu ada 16 siswa yang mendapat nilai rentang 81-100 dengan presentase 80%, (Kategori A), 4 siswa yang mendapat nilai rentang 71-80 dengan presentase 20% (Kategori B). Kemudian untuk terdapat 5 nilai sikap yang dinilai. Nilai sikap jujur dan disiplin jumlah nilai 64 dengan rata-rata 3,2 (baik sekali), nilai sikap bertanggungjawab jumlah nilai 61 dengan rata-rata 3,05 (baik), nilai sikap bekerjasama jumlah nilai 60 dengan rata-rata 3 (baik), nilai sikap percaya diri jumlah 59 dengan rata-rata 2,95 (baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa dari ketiga penilaian nilai afektif ke 5 yang paling rendah adalah nilai sikap percaya diri.
Tidak Tersedia Deskripsi