
An Analysis Of Students Difficulties In Speaking English At Eleventh Grade Of Patra Dharma Tarakan
Pengarang : Christinawati Dewi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam berbicara bahasa Inggris dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan berbicara bahasa Inggris pada siswa kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Patra Dharma Tarakan dengan jumlah sampel10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuisioner. Teknik analsis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kesulitan siswa dalam berbicara bahasa Inggris terdiri dari tata bahasa, kosa kata, pengucapan, dan kelancaran. Masalah yang paling dominan adalah penguasaan kosa kata dan pengucapan. Kebanyakan dari mereka menyatakan bahwa mereka takut berbicara karena kurangnya kosa kata, sehingga siswa merasa takut membuat kesalahan dalam pengucapan kata dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, masalah yang dihadapi dalam berbicara bahasa Inggris adalah kurang percaya diri, takut membuat kesalahan ketika berbicara,kecemasan ketika diminta oleh guru untuk berbicara , dan merasa malu ketika berbicara di depan kelas. Selain itu siswa kurang motivasi dalam belajar bahasa Inggris karena kebanyakan siswa hanya menerima pembelajaran pada saat pembelajaran di dalam kelas.
Kata Kunci: Berbicara bahasa Inggris, kesulitan dalam berbicara
This research aimed to determine students' difficulties in speaking English and the factors that cause students' difficulties in speaking English in class XI SMA Patra Dharma Tarakan. The type of research is descriptive qualitative. The subjects of this research were class XI SMA Patra Dharma Tarakan with a total sample of 10 students. Data collection techniques used are observation, interviews, and questionnaires. The data analysis technique used were data collection techniques, data presentation, and data conclusions. The results showed that in general, the students' difficulties in speaking English consisted of grammar, vocabulary, pronunciation, and fluency. The most dominant problem was mastery of vocabulary and pronunciation. Most of them stated that they were afraid to speak because of a lack of vocabulary, so students were afraid of making mistakes in pronouncing English words. Furthermore, the problems encountered in speaking English were lack of confidence, fear of making mistakes when speaking, anxiety when asked by the teacher to speak, and feeling embarrassed when speaking in front of the class. In addition, students lack motivation in learning English because most students only receive learning when learning in the classroom. Keywords: Speaking English, difficulties in speaking.