
Code Switching Used In Speaking Class Of English Education Department Students In Universitas Borneo Tarakan
Pengarang : Siti Rukiah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis, fungsi, dan alasan penggunaan ahli kode yang digunakan oleh mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Inggris dalam beribacara pada kelas speaking. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo dengan sample penelitian mahasiswa semester dua. Penetuan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara dan rekaman video. Data analisis menggunakan langkah – langkah yang disarankan ole Miles dan Huberman dalam buku Creswell. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dua jenis ahli kode yang digunakan oleh mahasiswa bahasa inggri semester dua, yaitu: ahli kode intra – sentenial dimana terdapat 9 pengunaan, dan tag switching dengan 10 penggunaan yang telah dilakukan siswa. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa ada tiga fungsi penggunaan ahli kode di dalam kelas, yaitu: repitisi, interjeksi dan kualifikasi pesan. Hasil penelitian ini juga menunjukan alasan mengapa mahasiswa menggunakan ahli kode di kelas Speaking, alasan mahasiwa tersebut adalah pengulangan yang dilakukan untuk memperjelas maksud dan tujuan yang disampaikan. Selain itu kurangnya kosa kata dalam bahasa inggris membuat mahasiswa menggunakan ahli kode.
Kata kunci: Jenis – Jenis Ahli Kode, Fungsi Ahli Kode, Alasan Ahli Kode
The aims of this study is to find out the types, functions, and reasons of code switching used by students in English education department in Speaking for Informal Interaction class. This study used qualitative descriptive research method. This descriptive research was conducted at the Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Borneo Tarakan with the sample of second semester students. Sample determination is based on purposive sampling techniques. The data collection techniques used observation sheets, interviews, and video recordings. The data analysis used step suggested by Miles and Huberman in Creswell’s book. The result of this study showed that there are two types of code switching used by English students in second semester, namely: intra-sentential code switching with 9 data and tag switching with 10 data acquisition. The result also showed that there were three functions of using code switching in classroom, namely: repetition, interjection and message qualification. The result of this study also showed the reasons why students used code switching in speaking classes. The reason of the students used code switching is repetition carried out to clarify the meaning and purpose conveyed. In addition, the lack of vocabulary in English make students also used code switching. Key words: Types of code switching, Function of code switching, Reason of code switching