
The Analysis Of Students' Error In Stress Placement In English Pronunciation Of The Fourth Semester Students At English Education Department In Borneo Tarakan University
Pengarang : Indah Pebriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola penekanan suku Bahasa Inggris oleh mahasiswa semester empat jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Borneo Tarakan. Subjek dari penelitian ini adalah 30 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang sedang menempuh mata kuliah English Morphology. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah rekaman tes membaca. Data diambil dengan cara merekam pengucapan mereka ketika mengucapkan kata dengan penekanan dan membandingkan pengucapan mereka dengan kamus Oxford Advanced Learner’s edisi kedelapan untuk menganalisa data. Hasil tes membaca disajikan dalam bentuk persentase dengan penjabaran deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa paling banyak melakukan kesalahan dalam penyebutan penekanan kata di jenis kata empat suku kata dan mahasiswa memiliki tingkat kemampuan pengetahuan pengucapan Bahasa Inggris yang baik. Sementara itu penelitian ini juga menemukan bahwa jumlah suku kata mempengaruhi frekuensi kesalahan yang dibuat, hal ini ditunjukkan dengan data yang menunjukkan lebih banyak kesalahan yang dibuat pada kata dengan suku kata yang lebih banyak dari sebelumnya. Kesalahan penempatan penekanan kata dan kata yang ditekankan ganda adalah penyebab paling umum dari kesalahan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Analisis, Kata, Tekanan, Kesalahan, Suku Kata, Mahasiswa.
The purpose of this research was to find out the error in stress on English by students of the fourth semester of the English Education Department, University of Borneo Tarakan. Purposive sampling was used to choose 30 English Language Education students who were enrolled in the English Morphology course as the study's participants. This research used qualitative descriptive method. The data was gathered via a reading test by having the researcher recorded participants' accented speech and compare it to the eighth edition of the Oxford Advanced Learner's Dictionary. The results of the reading test were presented in the form of percentages with a descriptive explanation. The results of this research showed that the students made the most mistakes in pronouncing words with four syllables and that the students had a good level of English pronunciation knowledge. The study also discovered that the quantity of syllables had an impact on the frequency of errors, as evidenced by data that revealed more errors were made in words with more syllables than before. Misplaced word stress and double stressed words were the most common causes of errors in this research. Keywords: Analysis, Words, Stress, Mistakes, Syllables, Students