Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sembakung | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sembakung

Pengaruh Motivasi Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sembakung

Pengarang : Bastiar - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar, pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sembakung sebanyak 68 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sample jenuh. Instrumen dan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket motivasi belajar dan angket gaya belajar yang telah diadopsi dari penelitian sebelumnya dan dokumen penilaian tengah semester (PTS) semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang digunakan sebagai data hasil belajar. Hasil dari analisis deskriptif diperoleh bahwa rata-rata motivasi belajar sebesar 78,34, sedangkan gaya belajar sebesar 73,99, dan hasil belajar sebesar 78,88. Hasil dari analisis inferensial dibagi menjadi 2 yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis, untuk uji asumsi prasyarat (uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas) semuanya memenuhi kriteria. Sementara pada uji hipotesis menggunakan regresi sederhana, dan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ŷ = 12,337 + 0,849 X1. dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh secara parsial antara gaya belajar terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ŷ = 1,398 + 1,047 X2. dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara parsial antara gaya belajar terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh secara simultan antara motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ŷ = 15,264 +1,06 X1 – 0,263X2. dapat disimpulkan bahwa motivasi dan gaya belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar

This research aimed to find out the effect of learning motivation on learning result, the effect of learning styles on learning result, and the effect of motivation and learning styles on learning result. This research used quantitative design with the survey method. All 86 students in the eleventh grade at SMA Negeri 1 Sembakung made up the population for this study. The saturated sample method was used as the sampling technique. The mid-semester assessment document (PTS) for the even semester of the 2022-2023 academic year was used to collect learning result data, as well as learning motivation and learning style questionnaires that had been adopted from prior research. According to the findings of the descriptive analysis, the everage learning result was 78.88, while the learning style was 73,99 and the learning motivation was 78.34. The results of the inferential analysis were divided into 2, namely the prerequisite test and the hypothesis test, and for the prerequisite assumption test (normality test, linearity test and multucollinearity test) all meet the criteria. While in the hypothesis was tested using simple regression, and multiple regression. The result of showed that there was a partial influence between learning motivation and learning result with the regression equation Ŷ_1 = 12,337 + 0,849 X1. It could be concluded that there was a partial effect of learning motivation on learning result, a partial effect of learning style on learning results with the regression equation Ŷ_2 = 1,398 + 1,047 X2. Also, there was a partial effect of learning on learning result, a simultaneous effect of learning motivation and learning style on learning result with the regression equation Ŷ_3 = 15,264 +1,06 X1 – 0,263X2. It was indicated that motivation and learning style had an effect on students’ mathematics learning outcomes. Keywords: Learning Motivation, Learning style, Learning Result

Detail Informasi