Pengaruh Sikap Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 9 Terakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Sikap Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 9 Terakan

Pengaruh Sikap Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 9 Terakan

Pengarang : Samuel Pakondo - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh sikap siswa dan kemandirian belajar secara simutan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 98 siswa di kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket sikap siswa dan kemandirian belajar siswa dan dokumen penilaian tengah semester (PTS) semester genap tahun ajaran 2022/2023. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan statistik yaitu menggunakan aplikasi SPSS 24.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sikap siswa
terhadap hasil belajar matematika siswa dengan persamaan regresi Y^ 1 = 94,693 - 0,147x1, dan terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan persamaan regresi Ŷ = 76,761 + 0,063X2. Selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara sikap siswa dan kemandirian belajar secara simutan terhadap hasil belajar matematika siswa, dengan persamaan regresi Y^3 = 89,138 - 0,157X1 + 0,07X2.

Kata Kunci: Sikap Siswa, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika

This study aimed to examine the impact of students' attitudes and learning autonomy on mathematics outcomes and the influence of students' attitudes and concurrent learning autonomy on mathematics achievements among eighth-grade students at SMP Negeri 9 Tarakan. The present study was conducted during the second semester of the academic year 2022/2023. The present study employed a quantitative research design utilising survey methods. The research sample consisted of 98 eighth-graders at SMP Negeri 9 Tarakan. For data collection, the study administered attitude and learning autonomy questionnaires to students and their midterm scores for the even semester of the academic year 2022/2023. The acquired data were analysed using statistical processing software, specifically the SPSS 24.0 application. The findings indicated a relationship between students' attitudes and mathematics outcomes, as evidenced by the regression equation Y1 94.693 0.147X1. Additionally, the results suggested that students' learning autonomy plays a role in their mathematics achievement, as indicated by the regression equation Y^ -76.761+ 0.063X2. Additionally, students' attitudes and level of learning autonomy had a minor impact on their mathematics learning outcomes. This relationship can be represented by the regression equation Y^3 89.138-0.157X1 + 0.07X2. Keywords: Student Attitudes, Learning Autonomy, Mathematics Outcomes

Detail Informasi