Pengaruh Task Commitment Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Task Commitment Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengaruh Task Commitment Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Jumriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh task commitment terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 124 siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling metode random (acak) melalui perhitungan rumus dari populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan yang berjumlah 180 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket task commitmen dan dokumen penilaian rapor semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan statistik yaitu menggunakan aplikasi SPSS 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa task commitment yang paling dominan terdapat
pada kategori rendah sebesar 43,7%. Prestasi belajar matematika siswa berada pada kategori cukup sebesar 30,5%. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan terdapat pengaruh task commitment terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai signifikan 0,003 dan terdapat pengaruh task commitment terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan sebesar 7,2%, dengan Y ^ = 24,419 + 0,300 x

Kata Kunci: Task Commitment, Prestasi Belajar Matematika

This study intended to ascertain the impact of taks commitment on students’ mathematics learning achievement at class VIII SMP Negeri 8 Tarakan. The odd-numbered semester of the school year 2022-2022 was used for this study. Quantitative research using survey techniques was the method used. Using the simple randong sampling approach (random), formula calculations were used to select 124 grade VIII students from SMP Negeri 8 Tarakan’s total enrollment of 180 students as the sample for this study. For the odd semester report cards for the 2022-2023 academic year, task commitment questionnaires and evaluation forms were distributed as a method of data gathering. The data was processed using a statistical processing software through the SPSS 29.0 application. The research results showed that 43.7% of tasks were committed to with a low level of intensity. Mathematics learning achievement among students was in the 30.5% sufficient range. According to the inferential statistical analysis’s findings, task commitment had a significant impact on mathematics learning achievement with a significant value of 0.003 and it had a 7.2% impact on mathematics learning achievement for Grade VIII students at SMP Negeri 8 Tarakan with = 24.419+0.003x. Keywords: Task Commitment, Mathematics Learning Achievement

Detail Informasi