Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan

Pengarang : Humairah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tarakan sebanyak 96 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sample jenuh. Instrumen dan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket minat belajar dan angket motivasi belajar yang telah diadopsi dari penelitian sebelumnya dan dokumen penilaian akhir semester (PAS) semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang digunakan sebagai data hasil belajar. Hasil dari analisis deskriptif diperoleh bahwa rata-rata minat belajar sebesar 73,93, sedangkan motivasi belajar sebesar 70,52, dan hasil belajar sebesar 67,49. Hasil dari analisis inferensial dibagi menjadi 2 yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis, untuk uji asumsi prasyarat (uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas) semuanya memenuhi kriteria. Sementara pada uji hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara simultan antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Ŷ = 30,590 + 0,566 X1 – 0,070 X2. dapat disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Minat, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

The primary purpose of this research was to determine the effect of interest toward learning outcomes, the effect of learning motivation on learning outcomes, and the effect of interest and learning motivation on learning outcomes. This research used quantitative research with a survey method. The population was all VIII grade students of SMP Negeri 9 Tarakan, namely 96 students. The sampling technique used the saturated sample method. Instruments and data collection techniques in distributing questionnaires for learning and motivation adopted from previous studies and final tests (PAS) were used as learning outcomes data. The results of the descriptive analysis obtained that the average interest in learning was 73.93, learning motivation was 70.52, and learning outcomes were 67.49. The results of the inferential analysis were divided into two, namely, the prerequisite test and hypothesis testing. The prerequisite assumption tests (normality, linearity, and multicollinearity tests) all meet the criteria. In contrast, the hypothesis test used multiple regression. The research results showed a simultaneous influence between interest in learning and learning motivation on learning outcomes with the regression equation Y = 30.590 +0.566 XI -0.070 X2. It can be concluded that interest and motivation to learn affect student learning outcomes in mathematics. Keywords: Interest, Learning Motivation, Maths Learning Outcomes

Detail Informasi