Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 Tarakan

Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode DRTA (Directed Reading Thinking Activity) Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Putri Astuti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengukur kemampuan membaca pemahaman siswa dalam membaca pemahaman dengan menggunakan metode DRTA (Directed Reading Thinking Activity) berbasis pendidikan karakter pada siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Mei 2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas. Penelitian kelas (PK) yaitu, penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan metode DRTA (Directed Reading Thinking Activity) berbasis pendidikan karakter. dengan subjek penelitian kelas VII-3 SMP Negeri 8 Tarakan. Data hasil penelitian diperoleh melalui dari tes belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode DRTA (Directed Reading Thinking Activity) untuk melihat kemampuan membaca pemahaman siswa dan hasil belajar siswa kelas VII-3 di SMP Negeri 8 Tarakan, menunjukkan bahwa siswa mampu membaca pemahaman dengan baik. Berdasarkan 3 penilaian yaitu kognitif, psikomotorik dan juga afektif. Untuk kognitif dan psikomotorik terdapat 4 kelompok yang mendapat nilai dengan rentang nilai 81-100 dengan presentase 67% (kategori A), 2 kelompok yang mendapat nilai dengan rentang nilai 71-80 dengan presentase 33% (kategori B) kemudian untuk afektif terdapat 7 nilai karakter yang dinilai. Nilai karakter rasa ingin tahu jumlah nilai 79 dengan rata-rata 2,5 (Mulai Berkembang), nilai karakter jujur jumlah nilai 84 dengan rata-rata 2,7 (Mulai Berkembang), nilai karakter disiplin jumlah nilai 93 dengan rata-rata 3 (Mulai Berkembang), nilai karakter bertanggung jawab jumlah dengan nilai 111 dengan rata-rata 3,5 (Mulai Membudaya), nilai karakter kerja keras jumlah nilai 103 dengan rat-rata 3,3 (Mulai Membudaya), nilai karakter kreatif jumlah nilai 88 dengan rata-rata 2.8 (Mulai Berkembang) nilai karakter gemar membaca jumlah nilai 109 dengan rata-rata 3.5 (Mulai Membudaya). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari ketujuh nilai karakter yang paling rendah adalah nilai karakter rasa ingin tahu.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi