
The Correlation Between Habit In Singing English Songs And Listening Comprehension Of The Second Semester Students Of English Education Department Of Borneo Tarakan University
Pengarang : Debi Rahmadani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan menyanyikan lagu berbahasa Inggris dengan pemahaman mendengarkan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester dua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan yang berjumlah 73 mahasiswa dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kebiasaan menyanyikan lagu berbahasa Inggris dan dokumentasi berupa transkrip nilai siswa pada mata kuliah literal listening. Data kemudian dianalisis menggunakan korelasi product-moment Pearson. Temuan dalam penelitian ini adalah skor rata-rata kebiasaan siswa menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris adalah 125 yang termasuk dalam kategori "tinggi", sedangkan skor rata-rata pemahaman mendengarkan siswa adalah 79 yang termasuk dalam kategori "Baik hingga Sangat Baik. " kategori. Namun, hasil analisis korelasi product-moment Pearson menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kebiasaan siswa dalam menyanyikan lagu berbahasa Inggris dan pemahaman mendengarkan mereka. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi (0,051) yang menunjukkan hubungan yang sangat lemah dan nilai probabilitas (p) 0,665 yang lebih besar dari taraf signifikansi (a) 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada jaminan bahwa siswa yang memiliki kebiasaan tinggi dalam menyanyikan lagu berbahasa Inggris, baik dalam pemahaman mendengarkan.
Kata Kunci: Kebiasaan Menyanyikan Lagu Bahasa Inggris, Pemahaman Mendengarkan, Mendengarkan Literal
This research aimed to determine whether there was a relationship between the habit in singing English songs and listening comprehension. This research employed a correlational research design. The sample of this research was the second-semester students of English Education Department of Borneo Tarakan University which consisted of 73 students using total sampling technique. The data were collected using a questionnaire of habit in singing English songs and documentation in the form of students' score transcripts on literal listening course. The data were then analyzed using Pearson product-moment correlation. The findings in this research were that the mean score of students' habit of singing English songs was 125 which was classified into "high" category, meanwhile, the mean score of students' listening comprehension was 79 which was classified into "Good to Very Good" category. However, the result of Pearson product-moment correlation analysis indicated that there was no relationship between the students' habit in singing English songs and their listening comprehension. This was proven by the correlation coefficient (0.051) which showed a very weak relationship and the probability value (p) 0.665 which was greater than the level of significance (a) 0.05. Thus, it can be concluded that there was no guarantee that the students who had a high habit in singing English songs, were good at listening comprehension. Keywords: Habit in Singing English Songs, Listening Comprehension, Literal Listening