Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pangeran Diponegoro Sta 0+300 – Sta 0+900 Menggunakan Metode MKJI 1997 Dan PKJI 2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pangeran Diponegoro Sta 0+300 – Sta 0+900 Menggunakan Metode MKJI 1997 Dan PKJI 2014

Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Pangeran Diponegoro Sta 0+300 – Sta 0+900 Menggunakan Metode MKJI 1997 Dan PKJI 2014

Pengarang : Bethy - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Ruas Jalan Pangeran Diponegoro merupakan kawasan perdagangan kuliner pinggir jalan yang kerap menyebabkan kemacetan dikarenakan kendaraan pembeli yang berhenti pada badan jalan. Beberapa penyebab lain kemacetan dijalan Pangeran Diponegoro karena bersinggungan langsung dengan pemukiman, perkantoran, pertokoan, dan sekolah. Hambatan samping yang berada dibadan jalan mengganggu kelancaran arus lalu lintas akibat kendaraan yang berhenti dibadan jalan serta banyaknya aktivitas keluar masuk kendaraan dari kawasan sepanjang jalan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan Pangeran Diponegoro STA 0+300 -- STA 0+900 penelitian dilakukan 3 hari yaitu hari Senin 19 Desember 2022, Rabu 21 Desember 2022, Jumat 23 Desember 2022 untuk memperoleh data Geometrik jalan, Volume lalu lintas, Hambatan Samping, Kecepatan Kendaraan dan dianalisis menggunakan MKJI 1997 dan PKJI 2014 untuk menentukan Kapasitas Jalan, Kecepatan Arus Bebas, Derajat Kejenuhan, Waktu Tempuh. Hasil analisis hambatan samping tertinggi terjadi pada Rabu 19 Desember 2022 pukul 15:30-17:30, pada segmen 1 sebesar 398 kejadian/jam dalam kelas hambatan samping (M) Sedang menunjukkan daerah industri; beberapa toko sisi jalan, segmen 2 sebesar 294 kejadian/jam dalam kelas hambatan samping (L) Rendah menunjukkan daerah pemukiman; beberapa angkutan umum, segmen 3 sebesar 791 kejadian/jam dalam kelas hambatan samping (H) Tinggi menunjukkan kondisi daerah komersial; aktivitas sisi jalan yang tinggi. Perhitungan volume lalu lintas segmen 1 sebesar 1021 smp/jam, segmen 2 sebesar 994 smp/jam, segmen 3 sebesar 991 smp/jam dirasiokan dengan kapasitas jalan segmen 1 sebesar 2495 smp/jam, segmen 2 sebesar 2901 smp/jam dan segmen 3 sebesar 2286 smp/jam, diperoleh nilai derajat kejenuhan segmen I senilai 0,4090, segmen 2 senilai 0,3426, segmen 3 senilai 0,4333. Berdasarkan MKJI 1997 jika nilai derajat kejenuhan < 0,6 menunjukkan kondisi lalu lintas rendah, Berdasarkan PKJI 2014 nilai yang mendekati nol menunjukkan arus yang tidak jenuh; kondisi arus yang lenggang. Waktu tempuh dibutuhkan kendaraan melewati lintasan STA 0+300 – STA 0+900 yaitu 1 menit 46 detik.

Kata Kunci: Hambatan Samping, Kinerja Ruas Jalan.

Pangeran Diponegoro Street is a roadside culinary trading area that often causes congestion due to buyers' vehicles stopping on the roadside. Some other causes of congestion on Pangeran Diponegoro Street were direct intersections with residential areas, offices, shops, and schools. Side barriers on the road disrupt the smooth traffic flow due to vehicles that stop and the many activities in and out of vehicles from the area along the road. This research aims to describe the effect of side obstacles on the performance of the Pangeran Diponegoro Street section STA 0+300 - STA 0+900. The research was conducted on three days, namely, Monday, December 19, 2022, Wednesday, December 21, 2022, and Friday, December 23, 2022, to obtain data on road geometrics, traffic volume, side obstacles, and vehicle speed and analyzed using MKJI 1997 and PKJI 2014 to determine road capacity, free flow speed, degree of saturation, travel time. The results of the analysis of the highest side obstacles occurred on Wednesday, December 19, 2022, at 15:30-17:30, in segment one at 398 events/hour in the class of side obstacles (M) Medium showing industrial areas; some roadside shops, segment two at 294 events/hour in the class of side obstacles (L) Low showing residential areas; some public transport, segment three at 791 events/hour in the class of side obstacles (H) High showing the condition of commercial areas; high roadside activities. The calculation of the traffic volume of Segment 1 of 1021 SMP / hour, segment 2 of 994 SMP / hour, segment 3 of 991 SMP / hour was matched with the road capacity of Segment 1 of 2495 SMP / hour, segment 2 of 2901 SMP / hour and segment 3 of 2286 SMP / hour, obtaining a saturation degree value of segment one worth 0.4090, segment two worth 0.3426, segment three worth 0.4333. Based on MKJI 1997, if the degree of saturation value < 0.6 indicates low traffic conditions, Based on PKJI 2014, values close to zero indicate unsaturated flow and free flow conditions. The travel time required for vehicles to pass through the STA 0+300-STA 0+900 track was 1 minute 46 seconds. Keywords: Side Barriers, Road Section Performance.

Detail Informasi