
Kemampuan Menyimak Fabel Dengan Menggunakan Media Film Kartun Melalui Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VII – 4 SMP Negeri 9 Tarakan
Pengarang : Peni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah melihat kemampuan siswa dalam menyimak cerita fabel dengan menggunakan media film kartun melalui model Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VII- 4 SMP Negeri 9 Tarakan 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2018 di SMP Negeri 9 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas dengan subjek penelitian kelas VII- 4. Penelitian ini dilakukan pada dua kali pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh dari tes belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film kartun dan penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk melihat kemampuan menyimak siswa dan hasil belajar siswa kelas VII- 4, menunjukkan bahwa rata-rata siswa kelas VII- 4 sudah mampu menyimak fabel dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian tiap aspek yang dianalisis. Aspek pertama adalah Kelengkapan Isi dengan nilai 80%, untuk aspek kedua yaitu Kepaduan Isi dengan nilai 85.31%, untuk aspek ketiga yaitu Struktur Alur dengan nilai 76.09%, untuk aspek keempat yaitu Pemilihan Kata dengan nilai 75%, untuk aspek kelima yaitu Penulisan Kalimat dengan nilai 76.25%, dan untuk aspek keenam yaitu Tanda Baca dengan nilai 72%. Sementara ini untuk perolehan nilai tertinggi dan terendah dalam tiap aspek yang diamati dapat disajikan bahwa untuk aspek pertama hingga keenam pada umumnya peneliti mendapat perolehan nilai tertinggi yaitu 85.31% untuk aspek kedua, sementara itu untuk aspek keenam memperoleh nilai terendah yaitu 72%. Berdasarkan nilai hasil ketuntasan kemampuan siswa dalam menyimak cerita fabel siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 80-100 ada 13 siswa dengan presentase 40% berada dalam kategori baik sekali, siswa yang memperoleh nilai dengan rentang 70-79 ada 14 siswa dengan presentase 43% dalam kategori baik dan siswa yang memperoleh nilai rentang 60-69 ada 5 siswa dengan presentase 16%.
Tidak Tersedia Deskripsi