Pengembangan Modul Keterampilan Berbicara Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Keterampilan Berbicara Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengembangan Modul Keterampilan Berbicara Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Nurjenah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk modul keterampilan berbicara berbasis pendidikan karakter dan menghasilkan produk keterampilan berbicara berbasis pendidikan karakter yang efektif dari aspek kelayakan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg and Gall. Berdasarkan model tersebut prosedur penelitian melalui 10 langkah kemudian dimodifikasi oleh Setyosari (2013) sehingga penelitian ini terdapat 7 tahapan prosedur yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Uji coba dilakukan dengan melibatkan (1) validator ahli (2) uji praktisi yang melibatkan guru bahasa Indonesia, (3) uji lapangan yang melibatkan siswa kelas VII dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 7 Tarakan. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa , angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa dan lembar keterbacaan uji coba pemakaian. Hasil penelitian dari validasi penyajian modul melalui angket oleh ahli materi mendapatkan 70% dengan kategori layak, karena kriteria tingkat kelayakan 61%-80% dikategorikan layak. Validasi ahli bahasa mencapai 82,5% dengan kategori sangat layak, karena kriteria tingkat kelayakan 81%-100% dikategorikan sangat layak. Validasi ahli desain mencapai 72,5% dengan kategori layak, karena kriteria tingkat kelayakan 61%-80% dikategorikan layak. Hasil angket tanggapan dari guru terhadap modul keterampilan berbicara berbasis pendidikan karakter sebesar 95% dengan kategori sangat praktis, karena kriteria tingkat kepraktisan 81%-100% dikategorikan sangat praktis dan respon siswa sebesar 99% dengan kategori sangat efektif, karena kriteria tingkat keefektifan 81%-100% dikategorikan sangat efektif serta tingkat keterbacaan uji coba pemakaian sebesar 0,70 dengan kategori sedang, karena kriteria tingkat keterbacaan 0,31 – 0,70 dikategorikan sedang. Uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di SMP Negeri 7 Tarakan, Kelas VII-7. Hasil penelitian dan pengembangan modul layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Tarakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi