Pengaruh Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekatak Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekatak Kabupaten Bulungan

Pengaruh Konsentrasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sekatak Kabupaten Bulungan

Pengarang : Nova Celia Rizky - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh konsentrasi belajar dan motivasi belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekatak Kabupaten Bulungan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 siswa di kelas VIII SMP Negeri 01 Sekatak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner konsentrasi belajar dan motivasi belajar siswa dan dokumen penilaian tengah semester (PTS) semester genap tahun ajaran 2022/2023. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan statistik yaitu menggunakan aplikasi SPSS 26.0. Beberapa hasil penelitian ini menunjukan 1) bahwa tidak terdapat pengaruh secara parsial antara konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Sekatak dengan persamaan regresi (Y_1 ) ̂=41,158+0,199 X_1, 2) terdapat pengaruh secara parsial motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 01 Sekatak dengan persamaan regresi (Y_2 ) ̂=93,885-0,488 X_2, dan 3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara konsentrasi belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekatak dengan persamaan regresi (Y_3 ) ̂=81,691+0,157 X_1-0,476 X_2. Berdasarkan hasil analisis statistik maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif antara konsentrasi belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

The purpose of this research was to determine the effect of learning concentration on student math learning outcomes; the effect of concentration and learning motivation on student math learning outcomes among Eighth Graders of SMP Negeri 1 Sekatak Bulungan. This research was carried out during the even semester of the 2022/2023 academic year. The research method employed was quantitative research using a survey. The sampel in this study consisted of 86 students in class VIII of SMP Negeri 01 Sekatak. In this research, data were gathered by distributing questionnaires on learning concentration and student learning motivation, as well as mid-semester assessment documents (PTS) for the even semester of the 2022/2023 school year. The data were analyze using a statistical processing program, SPSS 26.0. The finding of this study showed that there was no partial influence of learning concentration on the mathematics learning outcomes of SMP Negeri 01 Sekatak VIII grade students with regression equation (Y_1) = 41.158 + 0.199 X_1, but there was a partial influence of learning motivation on the mathematics learning outcomes of SMP Negeri 01 Sekatak students with regression equation (Y_2) = 93.885 – 0.488 X_2. In addition, using the regression equation (Y_3) = 81.691 + 0.157 X_1-0.476 X_2, the result revealed that there was no significant effect of learning concentration and learning motivation on the mathematics learning outcomes of Eighth grade student at SMP Negeri 01 Sekatak. Based on statistical analysis, there was no advantageous correlation between learning concentration and learning motivation in mathematics. Keywords: Learning Concentration, Learning Motivation, Math Scores

Detail Informasi