Identifikasi Kecemasan Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Identifikasi Kecemasan Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Identifikasi Kecemasan Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan

Pengarang : Yuliani Kurniawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Kecemasan matematika merupakan perasaan yang tidak menyenangkan seperti rasa khawatir, takut, tegang, dan panik yang dialami peserta didik selama pembelajaran matematika maupun muncul ketika peserta didik mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika, dimana ini dapat menjadi faktor penghambat dalam berpikir matematis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor penyebab kecemasan matematika peserta didik Kelas VII SMP Negeri 10 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 5 peserta didik kelas VII-3 dan VII-4 menggunakan teknik purposive sampling dengan tingkat kecemasan matematika kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan matematika pada peserta didik terdiri atas empat faktor yaitu guru, materi, orang tua, dan diri sendiri. Faktor guru terdiri dari sikap dan perlakuan guru yang kurang bersahabat, terkesan tidak ramah, dan terkesan kurang kompenten. Faktor materi terdiri dari kesulitan memahami materi pembelajaran karena rumus-rumus dan metematika sulit menjadi mindset peserta didik serta kesulitan mengerjakan soal-soal matematika dikarenakan tidak memahami materi. Faktor orang tua, yaitu harapan berlebihan ketika orang tua menginginkan agar peserta didik memperoleh nilai yang bagus di sisi lain peserta didik kurang menguasai materi pembelajaran matematika. Faktor diri sendiri yaitu ketidakpercayaan diri peserta didik akan kemampuan yang dimilikinya. Hal ini yang mendukung timbulnya kecemasan matematika pada peserta didik.

Kata Kunci: Kecemasan Matematika

Mathematics anxiety is an unpleasant feeling such as worry, fear, tension, and panic experienced by students during mathematics learning. It arises when students encounter difficulties in solving math problems, which can be an inhibiting factor in thinking mathematically. The research purpose was to describe the factors causing math anxiety in seventh graders of SMP Negeri 10 Tarakan. This research is qualitative research, and the research subjects were five students of local VII-3 and VII-4 using a purposive sampling technique with high, medium, and low levels of math anxiety. Data collection techniques were using interviews, which were analyzed through reduction, presentation, and conclusion. The research data validity employed the time triangulation technique. The results showed that the factors causing math anxiety in students are teachers, material, parents, and themselves. The teacher factor is social and professional competencies, where teacher attitude and material competency needs to be concerned. Material factor contributes to students' understanding issues since formulas and mathematics problem presentations build a negative mindset for students to solve the problem. The parental factor is parents' excessive expectations of students to get good grades, whereas students lack mathematics understanding. The self-factor is students' self- confidence issue in their abilities, which subscribes to the students' math anxiety. Keywords: Mathematical Anxiety

Detail Informasi