
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make-A Match Di Kelas V SDN 012 Tanjung Palas
Pengarang : Sukijan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bengun ruang dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : observasi, angket dan tes akhir yang dikerjakan secara perorangan. Tes akhir dilaksanakan pada akhir pertemuan setiap siklus. Penelitian ini dimulai pada bulan April dan selesai pada bulan Mei 2012 pada semester dua. Subyek penelitian ini siswa kelas V SDN 012 Tanjung Palas yang berjumlah 8 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 38,75. Ini berarti bahwa tingkat ketuntasan belajar siswa adalah 12,5 %. Pada siklus II rata-rata hasil prestasi siswa adalah 82,50. Dengan kata lain bahwa pada siklus II ini tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 87,5%.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pelajaran metematika materi bangun ruang telah mengalami peningkatan melalui model pembelajaran Make a Match.
The objective of this research is to know student’s achievement on the material of space type by using Make a Match learning model. Kind of this research is Classroom Action Research with two cycles. The data collection obtained from the observation, questionnaire and post test individually. Post test is given at the end of the meetingin every cycle. This research begins on April and last on May 2012 in the second semester. The subject of this research is eight students of fifth grade of SDN 012 Tanjung Palas. Based on the result of the research in cycle I, the average of student’s score is 38,75. It means that the percentage of the student’s completeness is 12,5%. In the second cycle the rate of the student’s score is 82,50. In other word that in this cycle the student’s thoroughness increase up to 87,5%. From the result of the research shows that the student’s of fifth grade of SDN 012 Tanjung Palas rise their achievement on mathematic especially on the material of space type by using Make a Match learning model.