Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II Pada Tema Peristiwa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Picture And Picture Di SD Negeri 012 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II Pada Tema Peristiwa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Picture And Picture Di SD Negeri 012 Tanjung Selor

Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II Pada Tema Peristiwa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Picture And Picture Di SD Negeri 012 Tanjung Selor

Pengarang : Suharti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Tema Peristiwa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative tipe Picture and Picture Di SDN 012 Tanjung Selor. Masalah yang umum ditemui di SDN 012 Tanjung Selor adalah rendahnya minat belajar siswa terahadap mata pelajaran (Eksak) diantaranya adalah IPA, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam ulangan harian atau evaluasi sering kali jauh dari yang di harapkan yaitu mencapai nilai KKM 65. Hal itu disebabkan oleh penguasaan materi yang kurang oleh siswa, siswa malas belajar, dan siswa Siswa tidak mau memperhatikan penjelasan guru, Siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar, Siswa tidak mau bertanya (siswa pasif), Siswa sibuk bermain sendiri. Oleh karena itu guru sebagai pendidik harus memperhatikan masalah tersebut, salah satu solusinya adalah penggunaan pembelajaran tematik dengan pembelajaran koopratif dan menggunakan metode yang cocok agar siswa dapat berpikir kritis, logis, dan dapat memecahkan masalah dengan sikap terbuka, kreatif, dan inovatif salah satunya adalah model pembelajaran picture and picture.
Metode dalam penelitian penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus dilaksanakan 2 pertemuan, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil pengamatan observasi guru yang dibantu oleh teman sejawat, penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 April sampai 2 Mei 2012 dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 012 Tanjung Selor Bulungan tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 20 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus I dengan diperoleh hasil belajaran dengan rata-rata 64,5 tingkat ketuntasan 45% sedangkan siklus II dengan rata-rata 75 tingkat ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran tematik (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia) pada tema peristiwa dengan model pembelajaran Cooperative tipe picture and picture pada Siswa Kelas II SD Negeri 012 Tanjung Selor Tahun ajaran 2011/2012.

This research intent for Increasing Students Learned Result braze II. On Incident Theme by use of Learning Model Cooperative type Picture and Picture At SDN 012 selor's Capes. Problem that generically been found at SDN 012 Cape selor is its low yen study terahadap's students subjects (Eksak) amongst those is IPA, so begets acquired studying result student in replicates daily or evaluation oft restrain from that at expects which is reach KKM'S point 65. That thing because of material mastery that insufficiently by student, learned lazy student, and nots Student want to notice teacher explanations, Active subtracted student deep teaching and learning process, Student doesn't want asks (passive student), Busy student plays own. Therefore teacher as educator has to notice that problem, one of solution it is thematic learning purpose with cooperatifve learning wields to methodic would be convenient that student can think critical, logical, and gets to solve problem with exposed attitude, creative, and innovative one of it is model picture and picture's learning. Method in action research brazes that executed deep 2 cycle each cycle are performed 2 appointments, each cycle comprise of planning phase, action, observation, and reflection. Acquired data in this research covers: students learned achievement which taken from by problem application essays at the early cycle, activities observing result student in learning and observation watch result learns that aided by comate colleague, this research is executed on the fifteenth 24th April until May 2 2012 deep 2 cycles. This observational subject is student braze II. SD Country 012 Tanjung Selor Bulungan's Capes school years 2011 / 2012 total one 20 students. Base observational result already been performed, which is on I. cycle with acquired yielding learning with average 64,5 thoroughness zoom 45% meanwhile cycles II. by average 75 thoroughness zoom 90%. Base result observationaling to point out that its increasing happening usufructs studying via thematic learning (IPA, Mathematics, Indonesian) on incident theme with model learning Cooperative type picture and picture on Student brazes II. SD Country 012 Tanjung Selor School Years 2011/2012.

Detail Informasi