
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Media Gambar Di Kelas IV SD Negeri 005 Sesayap Hilir
Pengarang : Sriyana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan pembangunan disegala bidang. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dapat dilakukan melalui media gambar yang tepat. Siswa Kelas IV SD Negeri 005 Sesayap Hilir dipilih sebagai subyek dalam penelitian ini.
Data dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan data primer hasil normatif belajar siswa dan hasil observasi 12 siswa yang terdiri dari 4 orang siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki kelas IV SD 005 Sesayap hilir.
Hasil penelitian menunjukkan dengan penggunaan media gambar hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 8,2%. Peningkatan tersebut dari aspek rata-rata kelas, nilai terenda dan tertinggi. Sedangkan nilai dibawah KKM turun sebesar 50%. Demikian juga Aktivitas siswa meningkat dari rata-rata indicator pada siklus I sebesar 71% kemudia pada siklus kedua meningkat menjadi 86% yang menunjukkan peningkatan sebesar 21,1%. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktifitas siswa. Media gambar dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan rata-rata skor pada siklus I mencapai 66,5 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 71,15.
Disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi pencemaran lingkungan di kelas IV SD Negeri 05 Sesayap Hilir, selain itu penggunaan media gambar juga dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran IPS dan membantu guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran IPS.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPS, Media Gambar
Tidak Tersedia Deskripsi