Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IA Pada Tema Budi Pekerti Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN 005 Bunyu Kabupaten Bulungan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IA Pada Tema Budi Pekerti Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN 005 Bunyu Kabupaten Bulungan

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IA Pada Tema Budi Pekerti Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Di SDN 005 Bunyu Kabupaten Bulungan

Pengarang : Sri Rahayu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Masalah yang umum ditemui di SDN 005 Bunyu Kabupaten Bulungan khususnya kelas IA adalah siswa kurang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung kurangnya keaktifan siswa untuk bertanya kepada guru. dalam menerima pelajaran dari guru sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa pada tes kompetensi atau ulangan harian tidak dapat mencapai KKM yaitu 65. Hal ini guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat atau bervariasi dan dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran picture and picture, yaitu model pembelajaran yang menggunakan gambar-gambar sehingga siswa dapat konsentrasi dan tertarik dengan materi yang diberikan oleh guru.
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IA Pada Tema Budi Pekerti Dengan menggunakan Model Pembelajaran picture and picture Di SDN 005 Bunyu Kabpaten Bulungan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian ini setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh melalui penelitian ini meliputi : nilai hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes hasil belajar akhir siklus, hasil pengamatan aktivitas siswa, hasil pengamatan observasi guru yang dibantu oleh teman sejawat yaitu observer.Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 April sampai 22 April 2012 dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IA SDN 005 Bunyu yang terdiri dari 28 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanaka, yaitu pada siklus I diperoleh nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata 73 tingkat ketuntasan sedangkan siklus II dengan rata-rata 81 Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran tematik yamg mencakup mata pelajaran IPS, IPA dan PKN pada tema Budi Pekerti dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IA SDN 005 Bunyu Tahun Pembelajaran 2011/2012.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi