Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Type Team Games Tournament Pada Pembelajaran Permainan Kasti Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir Tahun Ajaran 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Type Team Games Tournament Pada Pembelajaran Permainan Kasti Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir Tahun Ajaran 2011/2012

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Type Team Games Tournament Pada Pembelajaran Permainan Kasti Kelas IV SDN 001 Sesayap Hilir Tahun Ajaran 2011/2012

Pengarang : Sofiansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bermain kasti melalui metode pendekatan bermain. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV di SD Negeri 001 Sesayap Hilir yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 15 orang perempuan.
Berdasarkan hasil rekapitulasi antara siklus seletah melalui pelaksanaan pendekatan bermain dalam permainan kasti pada siklus kedua menunjukan bahwa kemampuan bermain kasti siswa kelas IV di SDN 001 Sesayap Hilir mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata siswa setelah adanya pendekatan bermain pada siklus pertama diperoleh nilai 6,31 kemudian pada siklus kedua diperoleh nilai 7,75, dimana sebelumnya siswa hanya memperoleh nilai 6,27. Ini berarti terjadi peningkatan yang sangat baik
Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa ada peningkatan bermain kasti melalui pendekatan Kooperatif TGT pada siswa kelas IV di SDN 001 Sesayap Hilir.

This study aims to improve the ability playing baseball through play approach. This research is a classroom action research. Research Subject is fourth grade students in the elementary scholl of 001 Sesayap Hilir with total number 34 students consisting of 19 men and 15 women. Based on the results recapitulation of the first cycle through the implementation approach in the baseball game at second cycle showed that the ability by playing baseball on fourth grade students at SDN 001 Sesayap Hilir enhanced. It is shown from the average value student after playing the first cycle approaches the value of 6.31 obtained in the second cycle and then obtained values of 7.75, whereas previously of students gained score 6.27. it means that there is an enhance in the excellent. The result of research concludes that there is an enhance in playing baseball through cooperative approach TGT in grade IV at SDN 001 Sesayap Hilir.

Detail Informasi