Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan IPA Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IIIB SDN 001 Sesayap Tahun Pembelajaran 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan IPA Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IIIB SDN 001 Sesayap Tahun Pembelajaran 2011/2012

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan IPA Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga Pada Siswa Kelas IIIB SDN 001 Sesayap Tahun Pembelajaran 2011/2012

Pengarang : Siti Mukotimah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan Penelitian untuk Meningkatkan prestasi belajar dengan metode demonstrasi menggunakan alat peraga pada siswa kelas IIIB SDN. 001 Sesayap. Pada Kompetensi Dasar Pecahan sederhana dan Energi gerak Dengan Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga.
Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan pos tes pada setiap akhir silkus. Bentuk tes isian dan bersifat individu. Soal dibuat oleh penelliti dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Hasil anallisi penelitian menujukkan bahwa ada peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IIIB SDN. 001 Sesayap yang berjumlah 25 siswa dalam memahami kopetensi dasar mengenal pecahan sederhana dan energi gerak dengan metode demonstrasi menggunakan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 71,6 dan hasil belajar mencapai nilai 79% nilai kriteria ketuntasan minimal secara klasikal.
Demikian salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Matematika dan IPA siswa dalam pembelajaran adalah dengan demonstrasi menggunakn alat peraga.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga, Hasil Belajar Matematika

The research design of this research used Classroom Action Research (CAR). The objective of this research was to improve the students’ Mathematic and Natural Science Achievement on basic Competence Simple Denomination and Motion Energy through Demonstration method Using Aids at third Grade Students B in SDN. 001 Sesayap. Based on the result of study in first cycle the number of percentage was 71.6% and the second cycle was 79 %. It indicates that students have gained the criteria of success in this research. By understanding the result of this study, it can be concluded that the demonstration method using aids can improve The Students’ Mathematic and Natural Science Achievement on Basic Competence Simple Denomination and Motion Energy through Demonstration method using aids at third grade students B in SDN. 001 Sesayap. Keywords: Demonstration method Using Aids, Students’ Mathematic and Natural Science Achievement

Detail Informasi